Apple Masih Kuasai Pasar Smartphone Premium

 
Apple Masih Kuasai Pasar Smartphone Premium

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, Apple adalah perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, yang merancang, mengembangkan, dan menjual barang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta layanan daring. Salah satu perangkat keras yang diproduksi Apple yaitu telepon pintar (smarphone) iPhone, yang saat ini menjadi pesaing ketat smartphone Samsung dan Huawei.

Seperti dilansir dari GSM Arena, Senin (24/6), Counterpoint mencatat bahwa Apple masih menguasai pasar smartphone premium global dengan 47 persen pangsa pasar. Pengapalan produknya hanya anjlok 20 pesen Year on Year (YoY).

Adapun salah satu penyebab penurunan pasar Apple, dikarenakan sebagian besar konsumen mempertahankan iPhone mereka lebih lama hingga 3 tahun pemakaian. Kemudian penyebab lainnya ialah akibat rendahnya pengiriman produk ke Tiongkok. Hal ini dikarenakan Tiongkok memainkan peran penting mengingat posisinya sebagai pasar smartphone terbesar di dunia. Akan tetapi, pasar Tiongkok melambat pada kuartal I 2019, yang merupakan salah satu faktor utama perlambatan pertumbuhan smartphone dunia. Selain Tiongkok, Amerika Utara masih menjadi salah satu pasar terbesar untuk smartphone premium dengan pangsa pasar 30 persen. 

Sementara itu, Samsung berada di posisi kedua dengan 25 persen pangsa pasar. Saat ini Galaxy S10 disebut menjadi opsi menarik bagi sejumlah konsumen yang tidak ingin membeli iPhone. Pada posisi selanjutnya ditempati oleh Huawei dengan 16 persen pangsa pasar, serta OnePlus dan Google yang masing-masing memiliki porsi yang sama yaitu 2 persen.