Usaha dalam Meningkatkan Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi 

 
Usaha dalam Meningkatkan Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi 

LADUNI.ID, Aceh - Indonesia merupakan salah satu negara kini mulai diperhitungkan dikancah perekonomian global. Tentu saja pemerintah sedang dan telah berusaha serta terus melakukan berbagai terobosan.

Pembangunan ekonomi suatu daerah pada hakekatnya merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sadar dan terus menerus untuk mewujudkan keadaan yang lebih baik secara bersama-sama dan berkesinambungan. 
 
Dalam kerangka itu, Pembangunan ekonomi juga untuk memacu pemerataan Pembangunan dan hasil- hasilnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satu indikator yang biasanya digunakan untuk mengukur Pembangunan ekonomi yang terjadi pada suatu daerah adalah pertumbuhan ekonomi.

Walaupun indikator  ini  mengukur  tingkat  pertumbuhan  output  dalam  suatu  perekonomian, namun sesungguhnya juga memberikan indikasi tentang sejauh mana aktivitas perekonomian   yang   terjadi   pada   suatu   periode   tertentu   telah   menghasilkan peningkatan pendapatan bagi masyarakat.
 
Kita mengetahui bahwa menumbuhkan kegiatan ekonomi untuk menciptakan stabilitas pembangunan kehidupan bangsa dan pertumbuhan ekonomi, dibutuhkan sumber pembiayaan tidak hanya  berasal  dari  pemerintah  melalui  Anggaran  Pendapatan  Belanja  Negara (APBN). 

Tetapi juga dibutuhkan pembiayaan dari sumber lain dari sektor swasta misalnya investasi untuk membiayai dan menggerakkan program pembangunan yang telah direncanakan dalam agenda program pembangunan nasional maupun daerah.

Dalam mewujudkan tujuan nasional bangsa Indonesia jangka panjang yaitu masyarakat yang adil dan makmur perlu diiringi dengan perluasan pembangunan pada berbagai aspek. Sehubungan dengan itu, maka perlu untuk dibarengi dengan usaha untuk mendapatkan dari berbagai sumber dalam membiayai pelaksanaan di tingkat nasional dan daerah. 

Investasi sebagai salah  satu  kegiatan  ekonomi untuk membiayai berbagai program pembangunan, baik untuk kepentingan kalangan dunia usaha maupun pemerintah, sangat diperlukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan yang berkesinambungan dan memiliki manfaat bagi masyarakat secara umum.

Tentu saja dalam hal ini peran pemerintah daerah dapat dijalankan melalui salah satu instrumen kebijakan, yaitu pengeluaran pemerintah (baik belanja rutin maupun pembangunan dan atau pemeliharaan dan belanja modal), dimana  pengeluaran pemerintah mencerminkan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah untuk melaksanakan kebijakan tersebut. 

Pengeluaran pembangunan (dan atau belanja modal dan pemeliharaan) merupakan pengeluaran pemerintah untuk pelaksanaan proyek-proyek terdiri dari sektor-sektor pembangunan dengan tujuan untuk melakukan investasi. 

Investasi merupakan penanaman modal pada suatu perusahaan dalam rangka untuk menambah barang-barang modal dan perlengkapan produksi yang sudah ada supaya menambah jumlah produksi. Penanaman modal dalam bentuk investasi ini dapat berasal dari dua sumber, yaitu penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal luar negeri. 

Investasi yang naik dari tahun ketahun akan menyebabkan penyerapan angkatan kerja yang bekerja akan semakin besar karena dengan tingginya investasi maka proses produksi naik dan semakin banyak membutuhkan angkatan kerja yang bekerja (Sukirno,2000).

Perspektif berdasarkan sebagian ahli ekonomi memandang bahwa pembentukan investasi merupakan faktor penting yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara. 

Ketika pengusaha atau individu atau pemerintah melakukan investasi,  maka  ada  sejumlah  modal  yang  ditanam  atau  dikeluarkan,  atau  ada sejumlah pembelian barang-barang yang tidak dikonsumsi, tetapi digunakan untuk produksi, sehingga menghasilkan barang dan jasa di masa akan datang. 

Investasi dalam peralatan modal atau pembentukan modal tidak saja dapat meningkatkan  faktor  produksi  atau  pertumbuhan  ekonomi,  namun  juga  dapat memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat.

Dalam hal ini, jumlah pengangguran tentunya akan turun. Suatu negara akan berkembang secara dinamis jika investasi yang dikeluarkan jauh lebih besar daripada nilai penyusutan faktor-faktor produksinya. 
 
Negara yang memiliki Investasi yang lebih kecil daripada penyusutan faktor produksinya akan cenderung mengalami perekonomian yang stagnasi. Dimana Stagnation merupakan suatu kondisi perekonomian dengan laju pertumbuhan yang lambat dan bahkan bisa nol.

Kondisi ini dapat menimbulkan terjadinya pengangguran dalam jumlah yang relatif besar. Kondisi yang sangat tidak diinginkan adalah  kondisi stagnasi yang diikuti  dengan  adanya  inflasi  yang  tinggi  pula,  sehingga perekonomian  negara menjadi stagflasi.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi
Pecinta literasi asal Ulee Glee, Pijay