Irak Bersikukuh untuk Tidak Jalin Hubungan dengan Israel

 
Irak Bersikukuh untuk Tidak Jalin Hubungan dengan Israel

LADUNI.ID, Irak menyatakan menolak pendudukan Israel atas wilayah Palestina. Irak menegaskan komitmennya untuk tidak menjalin hubungan dengan Israel.

Kementerian Luar Negeri Irak dalam sebuah pernyataan mengatakan"Kami menegaskan kembali bahwa posisi Irak dalam masalah Palestina sama dengan posisi kami yang berprinsip dan historis dalam menolak pendudukan Israel atas tanah Arab,".

"Kami tidak membangun hubungan apa pun dengan negara pendudukan, dan berkomitmen pada prinsip boikot, untuk tidak mengabaikan penolakan semua bentuk normalisasi dengan entitas ini (Israel)," tambahnya pada Minggu (7/7/2019).

Pernyataan kementerian itu muncul sebagai tanggapan atas video yang beredar di mana Fareed Yasseen, duta besar Irak untuk Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada alasan obyektif yang mungkin mengarah pada pengembangan hubungan antara Irak dan Israel.

Setelah pernyataan duta besar itu, komite hubungan luar negeri parlemen Irak meminta Kementerian Luar Negeri untuk memastikan pernyataan karyawan dan perwakilannya dalam misi diplomatik Irak sejalan dengan kebijakan luar negeri pemerintah.