Israel Kecam Pemuda Palestina yang Ludahi Tamu dari Saudi di Yerussalem

 
Israel Kecam Pemuda Palestina yang Ludahi Tamu dari Saudi di Yerussalem

LADUNI.ID, Israel mengecam warga Palestina pelaku penyerangan terhadap seorang penulis blog asal Arab Saudi yang datang ke Yerusalem atas undangan negara Zionis tersebut.

Hassan Kabia, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, pada Selasa (23/7) mengatakan "Tindakan itu sangat barbar,".

Kabia tidak mengungkap nama tamu undangan tersebut. Namun, salah satu stasiun radio Israel melaporkan bahwa penulis blog itu adalah Mohammed Saud.

Tamu tersebut  diundang bersama lima orang lainnya. Menurut Kabia, para tamu undangan itu merupakan "aktivis sosial, penulis blog, dan orang media."

Kabia mengatakan bahwa keenam orang itu diundang agar dapat melihat sudut pandang baru terhadap Israel.

Beberapa video yang beredar di internet menunjukkan sejumlah pemuda Palestina meludahi, melontarkan cacian, dan melemparkan kursi ke arah Saud ketika ia sedang berjalan di Kota Tua pada Senin lalu.

Aksi buang ludah dan pelemparan kursi itu terus berlanjut hingga Saud berkunjung ke kompleks Masjid Al-Aqsa.

Para pemuda Palestina meneriakkan "Berdoa saja dengan para Yahudi. Apa yang Anda lakukan di sini?" .

Ofir Gendelman selaku juru bicara Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pun angkat bicara. Menurutnya, sikap para pemuda Palestina itu sangat tidak dapat diterima.

Gendelman mengatakan "Ketika ia [Saud] datang untuk berdoa di Masjid Al Aqsa, begundal Palestina menyerangnya dan meludahinya, mengotori tempat suci itu,".

Akan tetapi, kubu Palestina penguasa Jalur Gaza, Hamas, menganggap semua kunjungan warga Arab ke Israel harus diboikot untuk menunjukkan solidaritas.

Hamas menyatakan bahwa "Hamas menganggap kunjungan delegasi media Arab ke Israel sebagai aksi penikaman dari belakang warga Palestina dan merupakan tanda bahaya atas peningkatan normalisasi pendudukan Israel,".