Pesantren Qomarul Hidayah Kab. Trenggalek

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA3 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Qomarul Hidayah Kab. Trenggalek

Profil

Seiring berakhirnya Perang Diponegoro (1825-1830), para prajurit dan pengikut setia Pangeran Diponegoro tersebar ke berbagai pelosok di Pulau Jawa bahkan sampai ke pulau-pulau lain di nusantara. Prajurit dan pengikut setia tersebut sebagian berasal dari daerah Bagelen (Purworejo, Jawa Tengah).

Diantara para pengikut setia tersebut adalah lima bersaudara Abdul Jari, Nurqoiman, Nuriman, Isma’un dan Ya’qub. Guna menghindari penangkapan dari Belanda, mereka pergi ke arah timur. Mereka mendirikan sebuah masjid di Dolopo, Madiun. Isma’un tetap tinggal di Dolopo untuk merawat masjid yang telah dibangun. Abdul Jari melanjutkan pindah ke arah Timur, tepatnya di Desa Njari, Blitar. Sedangkan Nur Qoiman, Nuriman dan Ya’qub kemudian mendirikan masjid dan menetap di Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Dalam perkembangannya, pengelolaan Masjid di Desa Gondang dilanjutkan oleh Kiai Murdiyah (KH Muhammad Asrori) salah satu putra dari Nur Qoiman. Kiai Murdiyah pernah belajar di Pesantren KH Muhammad Kholil, Bangkalan, Madura.

Dibawah asuhan Kiai Murdiyah, masjid berkembang menjadi sebuah pesantren. Pada periode ini, sistem pendidikan yang diterapkan bercorak tradisional dengan menitik beratkan pada pengajaran membaca Al Qur’an, pengajian kitab kuning dengan sistem sorogan (santri membaca kitab di depan Kiai) dan pengamalan Thariqat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah.

Sepeninggal KH Muhammad Asrori, pengelolaan pesantren diteruskan oleh putranya yaitu KH Abdul Madjid. Periode KH Abdul Madjid ini hampir bersamaan dengan masa-masa penjajahan Jepang dan perang kemerdekaan. Kegiatan pesantren lebih banyak pada pengajaran Al-Qur’an dan Thariqat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah. Para santri saat itu terbatas masyarakat setempat dan desa-desa sekitar. Keadaan ini berlangsung sampai awal tahun 1960-an.

Pada awal tahun 1960an, salah satu putra KH Abdul Madjid yaitu Kiai Qomaruddin mulai merintis kembali sistem belajar mengajar. Kiai Qomarudddin sebelumnya menimba ilmu di Pondok Pesantren Al-Falah, Ploso, Mojo, Kediri dibawah asuhan KH Djazuli Usman.

Pada mulanya beliau melakukan pembenahan dengan mendirikan Madrasah Diniyah. Pengajian berbagai kitab ulama salaf (kitab kuning) standar pesantren-pesantren tradisional kembali dilaksanakan.

Guna melengkapi sarana dan prasarana, mulai dibangun gedung madrasah di depan masjid (saat ini: gedung bertingkat tiga). Selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan pendidikan formal maka pada tanggal 1 Januari 1964, didirikan pula Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau setingkat Sekolah Dasar (SD) dengan kurikulum Kementerian Agama.

Sepeninggal Kiai Qomaruddin yang wafat pada tahun 1966, pengelolaan pesantren dilanjutkan oleh adik beliau, KH Kholil Madjid.

Di bawah asuhan KH Kholil Madjid, unit-unit pendidikan dan lembaga di lingkungan Pesantren Qomarul Hidayah berkembang dengan pesat.

       Pengasuh

  1. KH Muhammad Asrori
  2. KH Abdul Madjid
  3. Kiai Qomaruddin
  4. KH Kholil Madjid

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. RA/PAUD
  2. MI
  3. MTs
  4. MA
  5. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK 1)  
  6. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK 2)

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat (MTM)
  2. Madrasah Tahfidzil Qur’an khusus putri 
  3. Taman Pendidikan Al-Qur’an

Ekstrakurikuler


 

  1. Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  2. Tahfidzul Qur’an
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Kajian Kitab kuning
  7. Diskusi
  8. H.Seminar
  9. Diklat Komputer
  10. Life Skill
  11. Menejement Kepemimpinan
  12. Program-program pembekalan kelas akhir
  13. Pramuka
  14. Drumband
  15. Seni Hadroh
  16. Teater
  17. Musik
  18. Letter & Kaligrafi
  19. Ketrampilan Keputrian
  20. Sablon
  21. Peternakan
  22. Kursus B. Arab dan B. Inggris
     



 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
 


 

Alamat

Dusun Gondang Kidul, RT.09/RW.02, Kebon, Gondang, Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Kode Pos : 66352

Telpon :   0355-792631

WA +62 853-3146-4507

Email: info@qomarulhidayah.or.id

 

 
Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.