Korut Luncurkan 2 Rudal Balistik untuk Uji Coba

 
Korut Luncurkan 2 Rudal Balistik untuk Uji Coba

LADUNI.ID, Jakarta - Korea Utara (Korut) minggu ini telah meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek. Hal ini dilakukan untuk memenuhi serangkaian uji coba rudal balistik jarak pendek dan peluncur roket berkaliber besar yang sudah dimulai pada bulan lalu.

Seperti dilansir dari laman New York Times, Korut melakukan penembakan dua rudal ke daerah laut timur hanya beberpa jam setelah Donald Trump mengaku mendapat surat indah dari Kim Jong Un. Dua rudal tersebut ditempakkan dari Hamhung, kota pantai di timur laut Pyongyang.

Sementara itu, sejumlah analis menjelaskan bahwa uji coba senjata Korut diyakini sebagai upaya Pyongyang untuk mendapatkan pengaruh dalam pembicaraan bilateral bahwa Washington berharap untuk segera memulai dengan Korea Utara.

Sebagaimana dilaporkan oleh Reuters, Kantor Presiden Moon Jae-in dari Korea Selatan mengatakan, mereka mendesak Korea Utara untuk menghentikan tes seperti itu karena bisa meningkatkan ketegangan militer di Semenanjung Korea.

Sementara pada hari Jumat lalu, seperti dilaporkan Reuters, Trump mengatakan bahwa ia telah menerima surat dari Kim Jong Un sehari sebelumnya dan menambahkan bahwa ia bisa mengadakan pertemuan dengannya.

"Itu adalah surat yang sangat positif," katanya kepada wartawan di Gedung Putih. "Saya pikir kita akan mengadakan pertemuan lain. Dia benar-benar menulis, tiga halaman yang indah, maksud saya, langsung dari atas ke bawah, surat yang sangat indah."

Pada hari Jumat, Donald Trump mengatakan bahwa Kim Jong Un telah membahas tes rudal Korea Utara dalam suratnya dan Kim menulis bahwa dia tidak senang melakukan uji coba rudal.

Kendati demikian, Trump tidak ambil pusing atas rudal Korea Utara, dengan menyebut uji coba rudal hanyalah skala kecil yang tidak melibatkan senjata nuklir atau rudal balistik antarbenua. Donald Trump juga menekankan bahwa dia masih rukun dengan Kim Jong Un.