Jika Tidak Bahagia, Anda Perlu Melakukan Hal-hal Sederhana Ini

 
Jika Tidak Bahagia, Anda Perlu Melakukan Hal-hal Sederhana Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Beberapa kali Anda merasakan tidak bahagia, itu tentu. Akan tetapi yang tidak biasa ketika rasa tidak bahagia itu dilatarbelakangi oleh hal-hal kecil dan sepele. Akibatnya, kebahagiaan yang Anda inginkan di dalam hidup tidak tercapai.

Sudah saatnya sekarang Anda membuat hidup lebih baik dan berkualitas serta lebih bahagia dari biasanya. Anda harus mulai melakukan hal-hal yang dapat memberikan efek baik pada hidup Anda dan membuat hidup Anda menjadi lebih baik.

Dilansir dari Huffington, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya hidup Anda bisa menjadi lebih baik dan mengalami kebahagiaan. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Anda perlu membiasakan diri menjauhkan telepon genggam, tablet, atau laptop sebelum tidur

Bermain alat elektronik sebelum tidur adalah kebiasaan buruk yang dilakukan mayoritas orang tanpa tahu dampak buruknya. Selain kesehatan, kebiasaan ini juga berdampak jelek pada produktivitas. Sinar biru yang dipancarkan layar gawai akan mempengaruhi suasana hati, energi, dan kualitas tidur.

Perlu Anda ketahui, sinar yang dihasilkan juga oleh matahari ini akan memproduksi hormon melatonin dan membuat tubuh tetap terjaga dengan membuat malam terasa seperti siang. Kurang tidur akhirnya berdampak buruk pada keesokan hari, seperti mengantuk pada jam kerja. Hindari memainkan gawai sebelum tidur dan buat waktu tidur menjadi lebih berharga.

2. Jauhi orang-orang yang membuat hidup Anda lebih buruk

Anda tidak bisa memungkiri, bahwa di dalam hidup selalu ada orang-orang yang sering memberi pengaruh buruk tetapi karena alasan tidak enak hati, kita tidak bisa menolak atau menjauhi mereka. Jangan takut untuk berkata “tidak”. Setiap ada rekan kerja atau seseorang yang membuat kesal, alihkan pikiran kepada orang lain yang membuat hidup lebih baik. Banyak orang yang lebih berharga untuk mendapat perhatian, jadi jangan habiskan tenaga untuk pusing-pusing memikirkan mereka. Segara jauhi dan pangkas hal negatif dalam hidup.

3. Biasakan lah untuk bersyukur

Menyukuri segala hal dalam hidup adalah kunci dari hidup damai dan bahagia. Bersyukurlah atas hal-hal bahkan yang paling sepele dalam hidup. Tidak semua orang bisa menikmati makanan tiga kali sehari atau memiliki rumah untuk menjaga dari hujan dan panas. Banyak orang yang tidak memiliki teman sebaik sahabat kita. Buat daftar yang terdiri dari hal-hal yang membuat bahagia setiap hari. Hal ini akan membuat kita lebih menghargai hidup dan menjalaninya dengan bahagia setiap hari.

4. Hindari sikap perfeksionis

Bagian ini adalah termasuk dari tahap sebelumnya, yaitu bersyukur. Hargai apa yang kita punya dan jangan selalu berharap lebih. Kita mungkin iri ketika melihat akun Instagram seseorang yang hidupnya tampak sempurna. Namun, di balik kesempurnaan tersebut belum tentu hidupnya benar-benar lebih baik dari kita. Nikmati dan syukuri hidup kita sendiri dengan menghargai berbagai hal-hal kecil yang baik pada hidup.

5. Jangan takut untuk memulai sesuatu

Kebanyakan penulis menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berminggu-minggu untuk melakukan brainstorming dengan karakter dan jalan cerita mereka. Bahkan, mereka seringkali menulis halaman demi halaman hal-hal yang bahkan tidak akan masuk dalam buku mereka. Ini mereka lakukan karena tahu bahwa sebuah ide membutuhkan waktu untuk berkembang.

Kita kerap kali diam dan menunggu waktu yang tepat untuk memulai sesuatu karena merasa ide yang kita punya belum sempurna. Namun, bagaimana bisa memproduksi sesuatu yang hebat jika tidak pernah melakukannya dan membiarkan ide berkembang? Penulis Jodi Picoult menegaskan untuk membuang sikap perfeksionis dengan kutipan, “Anda bisa memperbaiki halaman yang buruk, tapi tidak bisa memperbaiki halaman kosong.”

6. Biasakan melakukan sesuatu yang mendeskripsikan diri

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat diri bebas dan merasa bahagia. Menjalani hidup sering kali membuat kita harus memakai topeng dan menjadi orang yang bukan diri sendiri. Lepas topeng dan lakukan sesuatu yang membuat kita merasa seperti diri yang asli, entah dengan bernyanyi keras-keras atau menari seperti orang gila di kamar, luangkan waktu untuk hal tersebut untuk melepas penat dan stres.

7. Jangan takut untuk mengatatakan tidak

Seperti yang telah disebut sebelumnya, jangan takut untuk berkata tidak kepada orang lain. Sebuah penelitian oleh Universitas California di Amerika Serikat menyebutkan bahwa menolak berkata tidak cenderung membuat orang tersebut mengalami stres bahkan depresi. “Tidak” adalah sebuah kata yang menunjukkan bahwa kita memegang kontrol tubuh dan hidupsendiri. (Sumber: tempo.co)