Ziarah di Makam KH. Muhammad Hadi ( Ki Ageng Giri ), Sang Wali dari Gunung Kembang

 
Ziarah di Makam KH. Muhammad Hadi ( Ki Ageng Giri ), Sang Wali dari Gunung Kembang

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syech Hasan Muhibat atau Ki Ageng Giri atau KH. Muhammad Hadi merupakan putra dari mbah Tohir bin Shodiq bin Ghozali Klaten. Mbah Hadi Girikusumo dipercaya sebagai sesepuh yang menandai awal dakwahnya dengan mendirikan Masjid Baitussalam yang kini berada di lingkup Pondok Pesantren beliau masih bergaris keturunan wali yaitu bertalian darah keturunan Sunan Pandanaran I (Semarang) dan Sunan Tembayat (Klaten).

KH. Muhammad Hadi merupakan seorang mursyid Thoriqoh Naqsabandiyah Khalidiyah dari Demak. Pondok Pesantren yang beliau  didirikan pada tahun 1288 H bertepatan dengan tahun 1868 M. Pondok pesantren yang kini telah berusia ratusan tahun ini merupakan perwujudan gagasan Syeikh Muhammad Hadi untuk membangun sebuah Lembaga Pendidikan yang menangani pendidikan akhlak (tasawuf) dan ilmu agama di tengan-tengah masyarakat.

Syech Hasan Muhibat atau KH. Muhammad Hadi Girikusumo merupakan sosok seorang yang religius, beliau memiliki peran yang amat besar dalam penyebaran agama islam di daerah Girikusumo. Sedangkan nama Girikusumo sendiri konon berasal dari kata Giri dan Kusumo, yang artinya gunung ( Giri ) dan kembang ( Kusumo ).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN