Ziarah di Makam KH. Muhammad Ilyas, Mursid Tarekat di Banyumas

 
Ziarah di Makam KH. Muhammad Ilyas, Mursid Tarekat di Banyumas

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sejak awal 1880-an, KH. Muhammad Ilyas adalah mursyid (guru tarekat) terkemuka yang amat disegani, bahkan sampai di luar daerah Banyumas. Beliau adalah salah satu khalifah wilayah Jawa dari guru beliauSyech Sulaiman Zuhdi, guru tarekat Naqsabandiah Kholidiyah di Makkah yang berasal dari Turki.

KH. Muhammad Ilyas menyebarkan ajaran tarekat dari musholanya di Kedungparuk, namun sambutan luas masyarakat membuat pemerintah Belanda khawatir, sehingga KH. Muhammad Ilyas ditahan pada 1888 dengan tuduhan melawan pemerintah. Saat berada di penjara Belanda dekat Alun-alun Banyumas itu, pada malam harinya terlihat sinar terang keluar dari sel dimana KH. Muhammad Ilyas ditahan.

Berita itu terdengar oleh Syech Abu-bakar, seorang Penghulu Landraad kota Banyumas. Lalu beliau mengunjungi penjara KH. Muhammad Ilyas. Hasil kunjungannya, Syekh Abu-bakar ingin mengeluarkan KH. Muhammad Ilyas dengan syarat KH. Muhammad Ilyas jadi menantunya, karena Syech Abubakar tahu bahwa calon mantunya ini orang alim.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah di Makam KH. Muhammad Ilyas, Mursid Tarekat di Banyumas

  • sumarno sumarno