B.J. Habibie Wafat, Ini Instruksi dari PBNU untuk Seluruh Nahdliyin

 
B.J. Habibie Wafat, Ini Instruksi dari PBNU untuk Seluruh Nahdliyin

LADUNI.ID, Jakarta - Bacharuddin Jusuf Habibie wafat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada usia 83 tahun. Ia lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Selain sebagai Presiden ketiga RI, Habibie juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi pada tahun 1978 hingga Maret 1998.

Atas hal itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui sebuah instruksi yang bernomor 3647/C.I.34/09/2019 memberikan instruksi kepada seluruh pengurus wilayah, pengurus cabang, serta lembaga, banom NU, serta psantren-pesantren di bawah naungan NU agar melaksanakan shalat ghaib untuk almarhum Presiden ketiga Indonesia H Bacharuddin Jusuf Habibie yang wafat, pada Rabu (11/9) petang.

“Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyampaikan dukacita yang sedalam-dalamnya berkenaan dengan wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden Ketiga Republik Indonesia,” ungkap Sekjend Helmy Faishal Zaini di Jakarta, Kamis (12/9).

Instruksi dari PBNU ini langsung ditandatangani oleh Rais Aam KH Miftachul Akhyar, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum KH Said Aqil Siroj dan Sekretaris Jenderal H Helmy Faishal Zaini. Di dalamya berisi mengenai ajakan pada nahdliyin untuk melaksanakan tahlilan dan membaca Yasin untuk almarhum.

“Instruksi ini disampaikan untuk dilaksanakan sebaik-baiknya,” lanjut Sekjen Helmy Faishal Zaini.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj atas nama warga NU menyampaikan belasungkawa atas wafatnya almarhum pada Rabu (11/9) malam.

"Innallahi wainna ilaihi rajiun. Kami atas nama seluruh warga Nahdlatul Ulama di mana pun berada mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Presiden Indonesia yang ketiga, yaitu Profesor Doktor Insinyur BJ Habibie dengan tenang," kata Kiai Said.

Menurut Kiai Said, almarhum BJ Habibi adalah sosok yang sangat cerdas dan jenius. "Beliau adalah orang yang sangat cerdas dan jenius yang diakui dunia internasional," lanjutnya.

BJ Habibi, kata Kiai Said, telah berhasil mengangkat nama baik bangsa Indonesia dengan kecerdasan dan kemampuannya. Oleh karena itu, Pengasuh Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Jakarta Selatan itu mengajak masyarakat untuk mendoakan almarhum.

"Semoga arwahnya diterima oleh Allah dan mendapatkan ampunan-Nya. Segala amal baiknya diterima, segala kesalahannya diampuni dan ditempatkan di tempat yang sidiq di sisi Allah dengan penuh kebahagiaan dan kedamaian. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'aafihi wa'fu 'anhu waj'alil jannata matwaahu,” doa Kiai Said.