Sebanyak 147 Siswa Islam Nigeria Selamat dari Penyiksaan

 
Sebanyak 147 Siswa Islam Nigeria Selamat dari Penyiksaan

LADUNI.ID, Sebanyak 147 orang siswa yang berada di sekolah Islam berasrama diselamatkan Polisi Nigeria dari sebuah penyiksaan. 22 di antaranya merupakan perempuan.

Penggerebekan ini sendiri merupakan yang keempat dalam sebulan terakhir. Temuan ini terjadi ketika pasukan bersenjata menggerebek sebuah sekolah di distrik Rigasa, Kaduna.

Hafsat Baba, komisaris urusan wanita di negara bagian Kaduna, Nigeria, Sabtu (19/10) dikutip dari AFP mengatakan "Semua tahanan ditemukan dalam kondisi dirantai dan mereka mengaku dipukuli. Ada 22 perempuan dan beberapa dari mereka mengalami pelecehan seksual,".

Termasuk di antara mereka yang diselamatkan adalah dua orang Kamerun dan dua orang dari Niger.

Para tahanan dibawa ke sekolah tersebut oleh anggota keluarganya sendiri karena "pencurian kecil-kecilan, kenakalan, dan kecanduan narkoba, jelas Hafsat Baba.

"Beberapa dari mereka memiliki masalah psikologis dan secara mental tidak stabil," imbuh dia.

Baba pun berjanji bahwa sekolah apapun yang memperlakukan siswa semacam itu akan ditutup.

Berdasarkan berita yang dilansir situs CNN Indonesia, Bulan lalu, polisi menyelamatkan lebih dari 300 siswa pria dari sekolah asrama sejenis di lingkungan yang sama. Mereka juga mengatakan bahwa mereka telah disiksa dan dianiaya secara seksual.

Pembeberan itu mengarah pada penggerebekan polisi di dua sekolah asrama lainnya di negara bagian Katsina pekan ini. Daru dua lokasi itu, petugas mengatakan mereka menyelamatkan lebih dari 400 siswa pria.

Sebelum itu telah diketahui, angka penggunaan narkoba yang tinggi dan kurangnya fasilitas rehabilitasi di Nigeria utara telah menyebabkan beberapa orang tua mendaftarkan anak-anak mereka di sekolah-sekolah Islam informal.