Mendikbud Nadiem: Inovasi Adalah Kunci

 
Mendikbud Nadiem: Inovasi Adalah Kunci

LADUNI.ID, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang baru, Nadiem Anwar Makarim mengatakan inovasi adalah kunci seperti yang dipesankan Presiden Joko Widodo. Nadiem berjanji akan mengimplementasikan inovasi tersebut di sektor pendidikan.

"Seperti arahan Pak Presiden kita enggak bisa business as usual. Kita nggak bisa gitu-gitu aja. Kita harus mendobrak, kita harus inovasi," terang usai pelantikan, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Kendati Nadiem bukan berlatar belakang di sektor pendidikan dirinya yakin mampu mewujudkan visi presiden dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Nadiem mengaku tahu tantangan pendidikan di masa depan.

"Walapun saya bukan dari sektor pendidikan saya lebih mengerti, belum tentu mengerti tapi lebih mengerti apa yang akan ada di masa depan kita," kata Nadiem.

Pengalamannya di industri digital jadi bekal mengkoneksikan antara sektor pendidikan dan industri. Menurutnya, kebutuhan lingkungan pendidikan di masa depan akan sangat berbeda dan akan selalu berubah, dan itulah yang disebut sebagai link and match yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

"Ini adalah visi bapak presiden bukan visi saya, link and match itu adalah saya akan mencoba menyambung apa yang dilakukan di institusi pendidikan menyambung apa yang dibutuhkan di luar institusi pendidikan. Agar bisa adaptasi dengan segala perubahan itu,"

Dengan tantangan yang semakin kompleks, kata Nadiem mau tidak mau sektor pendidikan harus disentuh dengan teknologi. Terlebih dengan jumlah sekolah dan peserta didik yang jutaan jumlahnya.

"Mau nggak mau dengan 300 ribu sekolah, 50 juta murid, mau enggak mau peran teknologi akan sangat besar dalam semuanya. Kualitas, efisiensi dan administrasi sistem pendidikan sebesar ini ya," paparnya.