Lintas Religi dan Berdoa di Makam KH. M. Badruddin Anwar Malang

 
Lintas Religi dan Berdoa di Makam KH. M. Badruddin Anwar Malang

Sepintas Biografi

 KH Badruddin Anwar Malang adalah sosok kiai penyabar, murah senyum, dan menjadi teladan baik masyarakat sekitar pesantren dan santri yang diasuhnya di pesantren.

KH. M. Badruddin Anwar adalah pengasuh Pondok Pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang, beliau adalah putra pertama dari tujuh bersaudara pasangan Al-Magfurlah KH. Anwar Nur dan Nyai Hj. Aisyah pendiri pondok pesantren An-Nur, beliau dilahirkan pada tahun 1942 dan mendapat pendidikan agama pertama kali dari ayahanda beliau KH. Anwar Nur baik ilmu Al Qur’an maupun dasar dasar Agama Islam.

Beliau mondok di Sidogiri sampai sekitar tahun 60 an. Selepas dari Sidogiri secara berturut-turut beliau menuju pondok pesantren Al-Falah Ploso yang diasuh oleh KH.Ahmad Jazuli Ustman. Kemudian, pondok pesantren Lirboyo kota kediri yang diasuh oleh KH.Marzuki Dahlan dan KH.Mahrus Ali serta beberapa pondok lain lagi yang tidak bisa disebutkan. Diantranya, Pondok salafiyah KH Abdul Hamid bin Abdullah Pasuruan. Beliau pulang dari pengembaraannya mencari ilmu sekitar tahun 1965, kemudian beliau mendirikan MTS ANNUR pada tahun 1967.

 KH Badruddin Anwar mulai merintis dan membangun pondok pesantren An-Nur pada tahun 1979. Pada awal berdirinya Pondok Pesantren ini hanya berupa rumah dari bambu (gedek) ukuran 4 x 6 meter sebagai tempat tinggal santri bersama kyai pengasuh (KH Badruddin Anwar). Dari yang awalnya hanya mengajar 9 santri, kini santri beliau di Pondok an-Nur mencapai lebih dari 4000 santri.

KH. M. Badruddin Anwar kembali menghadap sang ilahi pada tanggal Selasa 28 Februari 2017 pada usia 75 tahun dan beliau di makamkan di pondok pesantren yang beliau dirikan yaitu pondok pesantren An-Nur II.

 

 

 

Lokasi Makam KH Badruddin Anwar Malang

KH. M. Badruddin Anwar kembali menghadap sang ilahi pada tanggal Selasa 28 Februari 2017 pada usia 75 tahun dan beliau di makamkan di pondok pesantren yang beliau dirikan yaitu pondok pesantren An-Nur II al-Murtadlo, Malang.