Ziarah di Makam KH. Mahfudz Ridwan, Muasis Pesantren Edi Mancoro

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Mahfudz Ridwan, Muasis Pesantren Edi Mancoro

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Mahfudz Ridwan LC adalah Pengasuh Pondok Pesantren Edi Mancoro, Gedangan, Tuntang, Kabupaten Semarang. KH. Mahfudz Ridwan LC masuk dalam jajaran Musytasyar PBNU. Semasa hidup, KH.Mahfudz Ridwan pernah menjabat sebagai Musytasar PBNU, Dosen IAIN, Rektor UNU Solo dan pendiri yayasan Desaku Maju. Beliau adalah sahabat karib mantan Presiden RI  Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan KH. Musthofa Bisri (Gus Mus.)

KH. Mahfudz Ridwan LC merupakan tokoh muslim kharismatik yang akrab dengan tokoh non muslim di Kota Salatiga. Bersama sejumlah tokoh agama lain pada akhir tahun 1990-an, beliau mendirikan forum lintas umat beragama yang dinamakan Forum Gedangan.

Profil

KH. Mahfudz Ridwan dilahirkan pada tanggal 10 Oktober 1941 M dari pasangan H. Ridwan dengan Hj. Maimunah di Pulutan Salatiga. Beliau merupakan anak pertama dari lima bersaudara.

Guru-Guru Beliau
1. KH. Bisri Mustofa
2. Syiekh Yasin Al-Fadani

Lokasi Makam

Makam KH Mahfudz Ridwan LC berada di Makam keluarga pesantren Edi Mancoro di Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Haul

Haul KH. Mahfudz Ridwan diadakan setiap tahun sekali di Pondok pesantren Edi Mancoro, Kab. Semarang. Haul beliau diperingati pada bulan Sya'ban untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar Pondok Pesantren Edi Mancoro, Kab. Semarang.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Mahfudz Ridwan, Lc banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Semarang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman keluarga Pesantren Edi Mancoro.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Mahfudz Ridwan, Lc , dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam meraih cita-citanya, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah.

Peninggalan

1. Beliau adalah pendiri pondok pesantren Edi Mancoro di Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah.
2. Pendiri Yayasan Desaku Maju
3. Pendiri Forum Lintas Agama Gedangan

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Kab. Semarang di antaranya:
Tahu Baxo Ungaran, Kopi Gunung Kelir, Torakur, Beras Organik Al Barokah, Tahu Serasi Bandungan, Aneka Biskuit Produksi Nissin, Egg Roll Waluh Bu Nanik, Serabi Ngampin, Sirup Kopi Eva, Kaktus Makarame