Wisata ziarah dan Berdoa di Makam KH Mufid Mas'ud Sleman

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata ziarah dan Berdoa di Makam KH Mufid Mas'ud Sleman

Sekilas Biografi

KH. Mufid adalah ulama kharismatis dari Sleman, bersahaja dan tawadlu. Beliau juga pendiri dan pengasuh pesantren Pandanaran Sleman, yang dikhususkan sebagai pencetak penghafal Al Qur'an.

 KH. Mufid lahir di Solo, Jawa Tengah, pada tahun 1928, bertepatan dengan hari Ahad Legi 25 Ramadhan. Beliau merupakan putra kedua dari tujuh bersaudara. Ayahanda beliau bernama Kiai Ali Mas’ud yang kini makamnya berada di kompleks makam Golo Paseban Bayat, Klaten.

Pendidikan

H. Mufid mengenyam pendidikan dasar di Manbaul ‘Ulum selama lima tahun, yaitu mulai tahun 1937 hingga 1942.

Pada tahun 1942 pula, beliau nyantri di Pesantren Krapyak, Yogyakarta, yang bertepatan dengan tujuh bulan setelah kedatangan tentara kolonial Jepang di Indonesia.

Pada tahun 1945, beliau melanjutkan hafalan Al-Qur’an kepada KH. Muntaha di Wonosobo.

KH Mufid, dalam banyak kesempatan menekankan pentingnya shuhbatu ustazin itu. Beliau mengaku sering bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh Islam. Bahkan, mengakui pula telah terpengaruh oleh mereka.

Di antaranya adalah KH. Abdul Hamid (Pasuruan), Sayyid Muhammad Ba’abud (Malang), KH Muntaha (Wanosobo), KH Ali Maksum (Yogyakarta), Syeikh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa (Makkah), dan Sayyid Muhammad bin Sayyid Alwy Al-Hasani Al Maliky Al-Makky (Makkah).

Mendirikan Pesantren

Pada tanggal 20 Desember 1975  KH Mufid Mas'ud mendirikan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) di atas tanah wakaf seluas 2000 meter persegi, dengan satu rumah dan mushalla.

Berdirinya PPSPA, berlahan tapi pasti dapat mengubah keadaan itu menjadi lebih baik. Masyarakat sekitar tidak hanya menjadi baik agama dan moralitasnya, tetapi juga meningkat kualitas ekonominya. Karena, dengan semakin banyaknya santri di PPSPA, masyarakat sekitar ikut menikmati kegiatan ekonomi dengan mendirikan warung makan, toko kelontong, dan lain sebagainya.

KH Mufid Mas'ud wafat, pada hari selasa kliwon 2 April 2007 (17 rabiul awal 1428) karena sakit yang telah lama diderita. Ribuan orang hadir pada pemakaman Kiai Mufid.

 


Makam KH Mufid Mas'ud

Makam KH Mufid Mas'ud berada di kompleks makam Golo Paseban Bayat, Klaten, Jawa Tengah.