Bicarakan Haul Gus Dur, Shinta Nurriyah Sowani Gus Mus ke Rembang

 
Bicarakan Haul Gus Dur, Shinta Nurriyah Sowani Gus Mus ke Rembang

LADUNI.ID, Rembang - Shinta Nurriyah Wahid, Istri Presiden Ke-4 Republik Indonesia (RI) KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur mengunjungi ulama sekaligus budayawan asal Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus pada Rabu (27/11/2019) siang.

Dalam kunjungan tersebut, Shinta Nurriyah didampingi oleh putri bungsunya Inayah Wulandari sengaja datang secara khusus ke Rembang untuk mengundang Gus Mus, turut hadir dalam acara haul atau peringatan wafatnya Gus Dur yang kesepuluh atau satu dekade.

Dalam kesempatan itu, Inayah menjelaskan bahwa haul Gus Dur yang rencananya akan digelar selama dua hari di dua tempat berbeda ini mengangkat tema Gus Dur dalam gerakan kebudayaan. Pasalnya, selama ini Gus Dur lebih dikenal sebagai ulama dan politisi, padahal kiprahnya yang sangat besar justru di bidang kebudayaan.

“Selama ini bapak kan dikenal aktif di politik, padahal itu hanya bagian terkecil dari Gus Dur. Bagian terbesarnya malah berkiprah di bidang kebudayaan,” ungkapnya, seperti dilansir dari mataairradio.

Selain itu, Inayah menambahkan, acara festival budaya akan digelar tanggal 27 Desember 2019 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, sedangkan tanggal 28 Desember 2019 acara serupa juga digelar di Ciganjur.

Dalam rangka haul Gus Dur, Inayah yang selaku ketua panitia berkunjung sekaligus silaturahmi kepada Gus Mus untuk meminta ulama sekaligus budayawan ini hadir memeriahkan acara.

“Alhamdulillah, melihat tanggapan dan obrolan dengan Gus Mus, Insya Allah beliau berkenan hadir. Ya kita tahu kan ulama yang paling mewakili kebudayaan adalah KH Ahmad Mustofa Bisri,” pungkasnya.

Rombongan keluarga Gus Dur berkunjung ke kediaman Gus Mus selama satu setengah jam. Setelah menikmati hidangan yang disediakan tuan rumah serta berbincang-bincang terkait rencana haul Gus Dur, rombongan kembali ke Jakarta.