Isyarat Gambar Tali Jagat dalam Lambang NU Hasil Istikharah Kyai Nawawi Sidogiri

 
Isyarat Gambar Tali Jagat dalam Lambang NU Hasil Istikharah Kyai Nawawi Sidogiri
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Gus Sholahuddin Azmi menceritakan dari ayahnya, Kyai Mujib Ridwan, dari ayahnya KH. Ridwan Abdullah, tentang pencipta lambang NU, bahwa hasil istikharah Kyai Ridlwan adalah lambang bumi dan 9 bintang saja. Lalu, dari mana ada tambahan tali jagat dalam lambang NU?

Sebagaimana informasi yang saya dapatkan, bahwa setelah hasil istikharah yang menunjukkan bentuk lambang NU yang berupa bumi dan 9 bintang, Kyai Ridwan menyampaikan hal itu kepada Kyai Wahab Hasbullah. Lalu Kyai Wahab menambahkan lambang tali jagad. Tetapi ketika itu Kyai Wahab menyatakan bahwa tali jagad yang disematkan dalam lambang itu adalah hasil dari istikharah Kyai Nawawi Sidogiri, yang selaras dengan isyarat dalam Surat Ali Imran ayat 103, yang berbunyi:

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

“Berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara. (Ingatlah pula ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN