Cegat Tiga Roket, Pesawat Israel Serang Hamas di Jalur Gaza

 
Cegat Tiga Roket, Pesawat Israel Serang Hamas di Jalur Gaza

LADUNI.ID, Jakarta - Setelah beberapa jam tiga roket ditembakkan dari Palestina, pesawat dan helikopter Israel melakukan serangan di Jalur Gaza pada Ahad (8/12) kemarin pagi.

Berdasarkan laporan dari IDF, serangan itu terjadi beberapa jam setelah sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel mencegat tiga roket yang ditembakan dari Jalur Gaza di Israel selatan. Atas serangan itu, tidak ada kelompok Palestina yang merasa melakukannya.

Kendati begitu, Israel menuduh kalau serangan dilakukan oleh Hamas. Mereka dianggap sebagai yang bertanggung jawab atas semua serangan yang berasal dari Jalur Gaza.

Berdasarkan pada video dari Israel selatan, tampaknya menunjukkan peluncuran rudal pencegat Iron Dome meledak di langit. Terlihat rudal pencegat menembakkan roket yang akan masuk.

Sehari sebelum serangan terjadi, jet tempur Israel dikirim untuk terbang di atas Jalur Gaza setelah dugaan aktivitas mencurigakan terdeteksi di daerah Palestina. Pasukan Israel pun menangkap dua orang yang melintasi pagar perbatasan di Gaza selatan ke Israel.

Sementara itu, menurut kantor berita yang terkait Hamas, Shehab, setidaknya tiga putaran serangan udara dilaporkan di Jalur Gaza utara. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengonfirmasi tentang serangan tersebut terhadap beberapa fasilitas.

"Beberapa sasaran teror, termasuk kamp teror Hamas yang terdiri dari, gudang, kantor, dan pos penjagaan," ujar IDF yang dikutip dari Times of Israel.

Serangan tersebut juga mengenai instalasi angkatan laut Hamas. Posisi-posisi yang dimiliki Brigade bersenjata Izz ad-Din al-Qassam Hamas di dekat Jabaliya dan Kota Gaza pun menjadi sasaran.

Dalam serangan ini, pihak Palestina menyatakan dua orang dilaporkan terluka. Namun, belum ada kabar korban jiwa atas serangan balasan tersebut.