Santri Siaga LPBINU DKI Jakarta Dirikan 6 Pos Bantu Evakuasi Korban Banjir

 
Santri Siaga LPBINU DKI Jakarta Dirikan 6 Pos Bantu Evakuasi Korban Banjir

LADUNI.ID, Jakarta - NU Peduli Banjir 2020 yang diinisiasi PP LAZISNU melalui Santri Siaga Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) DKI Jakarta langsung merespon banjir yang melanda Ibukota DKI Jakarta dengan mendirikan 6 Pos Peduli Banjir.

Ketua LPBINU DKI Jakarta M Wahib Emha mengatakan bahwa Santri Siaga LPBINU DKI Jakarta yang bekerja bersama elemen lainnya, melakukan aksi evakuasi warga Jakarta yang menjadi korban banjir hari ini, Rabu (1/1) kemarin.

“NU Peduli melalui Santri Siaga Bencana LPBINU melakukan evakuasi di beberapa titik, di Halim, Cengkareng, dan beberapa titik banjir lainnya. Kita lanjut mendirikan dapur umum, terutama di Rawa Buaya yang besar. Kita mendirikan enam pos NU Peduli Banjir. Karena gerakan kita berbasis komunitas, kita langsung melakukan aksi,” terang Wahib Emha.

Selain itu, Wahib juga menambahkan bahwa selain mendirikan pos dan dapur umum, NU Peduli menjadi koordinator pos pengungsi di beberapa titik.

“Kita menggunakan masjid dan madrasah. Dari PP LAZISNU, kita akan menurunkan bantuan sembako dan perlengkapan dapur umum. Dan kita menurunkan satu mobil dahar PP LAZISNU untuk keperluan makan warga (red. korban banjir),” kata Wahib, seperti dikutip Laduni.id dari laman lpbi-nu.org, Kamis (2/1).

Sebelumnya, terjadi hujan deras tiada henti di Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi dan daerah lainnya sejak Selasa (31/12) sore hingga Rabu (1/1) malam membuat Jakarta dan sekitarnya terendam banjir yang banyak menelan korban.