Lirik Lengkap Qosidah Burdah (Teks Arab)

 
Lirik Lengkap Qosidah Burdah (Teks Arab)
Sumber Gambar: foto Istimewa (ist)

Laduni.ID, Jakarta - Qosidah Burdah ini ditulis oleh Imam Bushiry. Berisikan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia, Burdah sering dilantunkan, terutama oleh kaum Nahdliyin.

Nama lengkap Imam Bushiry adalah Abu Abdillah Muhammand bin Sa’id bin Hammad bin Abdillah bin As-Shonhaji Al-Bushiry Al-Mishry, asal keturunan dari Maghrib (Moroko) dari Qal’ah Hammad, dari suku yang dikenal dengan Bani Habnun.

Di dalam qosidah Burdah ini terdiri dari sejumlah unsur, di bagian depan syairnya berisi tentang teringat kepada kekasih, kerinduan, dan cinta, berikutnya berisi tentang peringatan dari godaan hawa nafsu, kemudian pujian-pujian kepada Nabi, tentang kelahiran dan beberapa mukjizatnya. Lalu berisi tentang Al-Quran, isra’ mi’raj, jihad dan tawassul.

Dalam setiap bait Qosidah Burdah memiliki syair yang sangat indah. Nilai-nilai estetikanya yang sangat indah dan menakjubkan, hingga menjadikan imam Al-Bushiry sebagai penyair yang tak tertandingi sepanjang sejarah. Sebagaimana diakui oleh Dr. De Sacy, seorang ahli bahasa Arab di Universitas Sorbonne, Prancis.

Qosidah Burdah senantiasa dilantunkan di berbagai penjuru dunia. Tidak lain itu merupakan anugerah dari Allah SWT, karena Imam Al-Bushiry menulisnya dengan sepenuh hati. Kecintaannya kepada Allah dan Rasulullah SAW mampu mengesampingkan cintanya terhadap yang lain.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN