Kondusif, PCNU Yogyakarta Silaturrahim Bersama PD Muhammadiyah

 
Kondusif, PCNU Yogyakarta Silaturrahim Bersama PD Muhammadiyah

LADUNI.ID, Yogyakarta - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Yogyakarta dan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta siap bersinergi di bidang pelayanan umat. Hal itu mengemuka dalam acara silaturrahim PCNU Kota Yogyakarta ke PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta di ruang rapat Kantor PDM Kota Yogyakarta belum lama ini.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa antara NU dan Muhamadiyah ada titik perbedaan dan sekaligus juga ada titik pertemuan. Pada titik pertemuan itulah yang harus selalu ditumbuhkan dan dikembangkan lebih baik,” tegas Ketua PCNU Kota Yogyakarta Yazid Affandi, sebagaimana rilis yang diterima Laduni.id, Senin (2/2) kemarin.

Yazid juga mengatakan bahwa, pada pintu itulah, PCNU  bersilaturrahmi kepada jajaran PDM, untuk bersama-sama bersinergi membangun Kota Yogyakarta.

“PCNU ingin mengundang secara langsung kepada PDM untuk bisa hadir dan juga memberikan kata sambutan  pada puncak peringatan Harlah NU ke 94 oleh PCNU Kota Yogyakarta yang akan digelar hari Kamis, 5 Maret 2020 di Masjid Keraton Yogyakarta,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto menyampaikan rasa bahagia atas terselenggaranya silaturrahim PCNU dan PDM Kota Yogayakarta.

“Ini adalah peristiwa bersejarah karena sepanjang pengetahuanya minimal selama kepengurusannya, baru kali ini ada siltarurrahmi PCNU dengan PDM. PDM merasa tersanjung atas kehadiran jajaran PCNU yang dianggap sebagai “adik” karena memang Muhamadiyah lebih dahulu lahir,” ujar Akhid.

Dalam sambutannya, Akhid mewakil PDM Kota Yogyakarta menyampaikan ucapan selamat kepada PCNU yang akan memperingati hari lahir NU ke 94.

“PDM tidak masalah jika harlah NU dilakukan di masjid gedhe Kauman, karena kegiatan harlah adalah kegiatan rutin organisasi dan niatnya pasti baik,” kata Akhid.

Ketua Majelis Kesehatan Umat PDM Edy Sukoco mengajak PCNU Kota untuk bersinergi dalam pelayan bidang kesehatan masyarakat khususnya.

“Mengingat kesehatan adalah kebutuhan vital umat yang harus menjadi konsen tiap-tiap ormas keagamaan, namun sinergi ini tentu dapat pada bidang-bidang lain,” ujar Edy.

Ajakan Edy tersebut kemudian disambut baik oleh Sekretaris PCNU Abd’ Suud.

“PCNU siap menerima tawaran PDM untuk sinergi dalam pelayanan umat khususnya di bidang kesehatan,” kata Suud.

Suud menambahkan bahwa sesungguhnya saat ini di tengah-tengah masyarakat sudah ada sinergi yang luar biasa antara NU dan Muhammadiyah dalam layanan kesehatan, “Banyak Pengurus MWC NU di Kabupaten telah menyiapkan mobil ambulance, namun NU belum memiliki RS. Banyak warga masyarakat yang sakit pasti akan menggunakan mobil ambuance NU tetapi nantinya akan di tujukan ke RS PKU milik muhammadiyah,” tegas Suud.

Kedepan, lanjut Suud, akan kita siapkan kegiatan keagamaan yang bisa di kerjakan secara bersinergi oleh Ortonom di PDM dan Banom di PCNU.

Benteng NKRI

Rais Syuriah PCNU Kota Yogyakarta KH Sholahudin dalam sambutannya mengatakan bahwa niatan silaturrahmi kepada “saudara tua” sesungguhnya sudah lama jadi agenda, bahkan sejak pelantikan PCNU.

“Namun baru kali ini niatan itu terwujudan. Semoga membawa manfaat dan berkah untuk perkembangan dakwah dan pembangunan umat islam se kota Yogyakarta,” ujar Kiai Sholahudin.

Kiai Sholahudin menegaskan bahwa NU dan Muhammadiyah adalah 2 ormas benteng NKRI yang tangguh dan teruji.

“Sehingga jika 2 ormas ini bisa bersinergi akan merupakan amunisi yang dasyat untuk membangun NKRI. Di tingkat pusat telah di mulai dengan kehadiran ketua umum PP Muhamadiyah Dr. H. Haedar Nashir ke kantor PBNU beberapa waktu lalu. Hal itu menjadi inspirasi bagi PCNU Kota Yogyakata untuk mewujudkan sinergi NU dan Muhammadiyah di Kota Yogyakarta,” ujar Kiai Sholahudin.

Kiai Sholahudin berharap agar setelah silaturrahmi ini ada kamunikasi lebih intern antara NU dan Muhamadiyah secara organisatoris dalam tataran riil dan praktis bersinergi dalam pembangunan umat islam Yogyakarta.

Acara silaturrahim tersebut ditutup dengan pernyataan bahwa PDM Kota Yogyakarta akan hadir di acara Harlah NU ke-94 di Masjid Gedhe Kauman.

“PDM Kota Yogyakarta sangat berterima kasih atas kehadiran jajaran PCNU Kota Yogyakarta di kantor PDM sekaligus menyampaikan undangan untuk menghadiri puncak acara harlah NU.  PDM Insya Allah akan hadir karena tidak ada masalah dengan ajang kegiatan harlah NU, juga ketika diselenggarakan di Masjid Gedhe Kauman karena nyata-nyata telah mendapatkan izin dari pihak keraton,” tegas ketua PDM Yogyakarta.

(Rokhim Nur)