Damai dalam Keberagaman

 
Damai dalam Keberagaman

LADUNI.ID, Jakarta - Hidup di dunia ini tentu semuanya menginginkan kedamaian, Tuhan pun telah menciptakan segala halnya dengan berangam dan berwarna.

Beragam itu ialah manusia, yang berwarna itu bisa di artikan sebagai agama, budaya, suku, kepercayaan, bahasa, dan tradisi lainnya.

Oleh karena itu, Indonesia disebut sebagai negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi. Pulau di Sumatera, di Sulawesi, Kalimantan, Jawa, hingga Papua. Mempunyai banyak propinsi, suku dan budayanya. Penuh dengan keberagaman.

Belum lagi Indonesia mengakui agama lain seperti Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Meskipun ia salah satu negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia.

Keberagaman tersebut patut kita syukuri, sebab tidak semua Negara memiliki tingkat keberagaman seperti Negara Indonesia, namun tetap damai. Bahkan tidak sedikit Negara belajar tips kedamaian ke Indonesia.

Tentu dengan berangamnya perbedaan,
setiap orang harus mengedepankan perdamaian dan toleransi. Karena menghargai orang lain ialah salah satu unsur kecerdasan moral yang wajib ditanamkan sejak dini.

Toleransi menjadi kata kunci dalam menyikapi keragaman, baik keragaman budaya, agama, adat dan sebagainya. Toleransi antar umat beragama merupakan upaya agar kebebasan beragama dapat terlindungi dengan baik.

Sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga suku, budaya, agama, dan tradisi lainnya agar tidak luntur dan tetap terjaga.

Karena tanpa menjaga keberagaman tersebut berpotensi menjadi konflik jika dimaknai sebagai sumber persoalan.

Jadi jangan menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk saling jauh. Apa lagi menjadi sumber persoalan. Melainkan menjadikan segala perbedaan itu sebuah harmoni kehidupan.

Sesuai wujud implementasi semboyan bihineka tunggal ika yang dicengkram erat oleh cakar burung garuda.

Jadi sebagai makhluk sosial sepatutnya untuk saling menghargai satu dengan yang lainnya. Memiliki sifat toleran dalam diri untuk menjaga hubungan yang damai dalam keberagaman.

_______

Sutanti Idris, S. E.
(Owner Khayra_Convection & Kader PMII Makassar)