Pesantren Al Hidayat Lasem

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Hidayat Lasem

Profil
Pondok ini terletak di Desa Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, sekitar 370 meter dari pantai Laut Jawa. Bangunannya berukuran sekitar 50 x 7 meter dan terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai mushala dan tempat pengajian, sementara lantai dua, yang terbuat dari kayu, merupakan kamar santri. Meskipun bangunan ini cukup maju untuk ukuran zamannya, namun masih tegak berdiri hingga saat ini.

Sejarah
Pondok Pesantren Al Hidayat Lasem Rembang didirikan oleh ulama kharismatik, KH. Maksum, atau yang lebih dikenal sebagai Mbah Maksum, pada tahun 1334 H/1916 M. Mbah Maksum menghabiskan masa kecil hingga dewasanya menimba ilmu dari berbagai kyai, baik di Lasem maupun di tempat lain seperti Jepara, Kajen, Kudus, Sarang, Solo, Semarang, Jombang, Madura, hingga Makkah.

Setelah menikah dan memiliki 13 orang anak, Mbah Maksum memutuskan untuk mengikuti jejak keluarganya sebagai pedagang untuk menghidupi keluarganya. Namun, karena latar belakang intelektualnya, beliau juga mengajar ilmu agama kepada masyarakat sekitar, bahkan sambil berdagang.

Suatu ketika, Mbah Maksum bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dan diberi nasihat untuk meninggalkan perdagangan dan fokus pada kegiatan pengajaran, yang kemudian menjadi panggilan hidupnya setelah mimpi tersebut terulang beberapa kali. Dalam rentang waktu yang panjang, terjadi pertemuan antara Mbah Maksum dengan Nabi Muhammad SAW dalam mimpi.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya