Madrasah Al-Shaulatiyah, Tempat Nyantri Hadhratush Syaikh Mbah KH. M. Hasyim Asy’ary di Mekkah

 
Madrasah Al-Shaulatiyah, Tempat Nyantri Hadhratush Syaikh Mbah KH. M. Hasyim Asy’ary di Mekkah

Foto: Kenangan Madrasah Al-Shaulatiyah sebelum di runtuhkan oleh pemerintah Arab Saudi

LADUNI.ID, Pemalang - Madrasah Al-Shaulatiyah merupakan salah satu madrasah legendaris di tanah suci Makkah yang didirikan oleh seorang Ulama besar imigran India, Syekh Rahmatullah Ibnu Khalil al-Hindi al-Dahlawi.

Nama tersebut diambil dari nama seorang perempuan dermawan asal India, Begum Shaulatun Nisa, yang telah menjadi donatur tunggal pembangunan madrasah tersebut.

Madrasah Al-Shaulatiyah adalah madrasah pertama yg didirikan pada tahun 1292 H di Kerajaan Arab Saudi dan ia juga merupakan madrasah swasta pertama yang didirikan di negeri tersebut, sehingga gaungnya menggema ke seluruh dunia.

Madrasah ini telah menghasilkan Ulama-ulama besar dunia, termasuk dari Nusantara, sehingga dijuluki dengan "mashnaurrijal" yang berarti "pabrik dan pencetak para ulama".

Shaulatiyah merupakan Madrasah Tradisional di tengah deru pembaruan pendidikan di Hijaz yang dilancarkan Kesultanan Utsmaniyah.

Ia merupakan salah satu institusi pendidikan Islam yang cukup terkenal di Makkah di kalangan masyarakat India, Pakistan dan lain-lain termasuk juga komunitas Islam dari dunia Melayu pada saat itu.

Pendiri madrasah ini adalah salah seorang keturunan Sayyidina Utsman bin Affan, yang lahir dan berasal dari Delhi, India, sehingga sering diasosiasikan dengan Muslimin Anak Benua India.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN