Berdamai dengan Virus Corona

 
Berdamai dengan Virus Corona

LADUNI.ID, Jakarta - Fakta saat ini:

  • 15-20% orang yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala klinis, berjalan-jalan di antara kita. Walaupun tanpa gejala klinis, mereka mampu menularkan Virus Corona kepada orang di sekitarnya.
  • 75-80% orang yang terinfeksi akan mengalami gejala klinis ringan yang mirip dengan flu.
  • 3-5% orang yang terinfeksi akan tampak dengan gejala klinis berat, bahkan sebagian dapat meninggal bila usianya lanjut, dan mempunyai penyakit lain. Di dalam dunia Kedokteran disebut mempunyai comorbiditas.

Comorbiditas yang berbahaya adalah penderita TBC paru, kencing manis, penyakit jantung Ischaemic yang tidak terkontrol, dan penyakit darah tinggi yang tidak terkontrol.

Saat ini mungkin sudah puluhan ribu sampai ratusan ribu orang Indonesia yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 tanpa dan/ atau dengan gejala klinis dan sedang berjalan-jalan di antara kita dengan herd immunity. Bila serum darah mereka diambil dapat dijadikan obat TPK - Terapi Plasma Konvalesen bagi penderita Covid-19 klinis berat.

Jalan keluar yang ada di tangan kita saat ini terutama membangun herd immunity, dan mengobati kasus klinis berat dengan TPK. Kiranya pemerintah Indonesia berani mengambil jalan ini.

Inilah bentuk perdamaian kita dengan Covid-19.

Sejak Januari 2020 yang lalu saya sudah mengatakan Lockdown bukan solusi. Lockdown akan merugikan perekonomian dan kehidupan masyarakat di Indonesia; mengakibatkan jutaan orang kehilangan pencaharian, dan juga menimbulkan kekurangan gizi, kekurangan makan, bahkan kematian yang jumlahnya lebih besar dari kematian karena Covid-19.

Membangun herd immunity dan TPK adalah solusi akhir tanpa merusak tatanan kehidupan perekonomian.

Sekarang kita dan Pemerintah Indonesia belum terlambat untuk mengubah cara pendekatan kita.

Memakai masker, cuci tangan dengan sabun selama 20 detik, kemudian dibersihkan di air mengalir harus kita jadikan budaya kesehatan masyarakat yang baru.

Itulah bentuk perdamaian kita dengan infeksi Covid-19, seperti yang telah kita lakukan dengan HIV, Polio, Campak, Demam Berdarah, dan TBC.

Salam Sehat...!


*) Oleh dr. Berlian Siagian, Lecturer in Strategic Management Universitas Pelita Harapan.