Wisata Ziarah dan Tawassul di Makam KH Masduqi Ali Cirebon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Tawassul di Makam KH Masduqi Ali Cirebon

Sekilas Riwayat 

KH Masduqi Ali beliau adalah pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Mu’allimin yang didirikan pada tahun 1951. Masduqi Ali lahir Tahun 1903 di sebuah rumah sederhana yang terletak di Blok Masjid, Gang Kelapa, Desa Asem Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon. Tanggal dan bulan yang tepat, baik secara kalender Hijriyah maupun Masehi, kapan Masduqi bayi dilahirkan sangat sulit 
dapatkan informasinya.

KH Masduqi Ali, konon adalah sekretaris pribadi Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari, beliau adalah sosok ulama yang sangat kharismatik dan diakui kealimannya oleh ulama lainnya di zamannya. Saat masih nyantri di pesantren Tebuireng Jombang, beliau termasuk santri yang sangat cerdas.

Masduqi belajar sekolah formal di sekolah desa atau Volkschool (Sekolah Rakyat) yang masa belajarnya hanya tiga tahun. Di sekolah itu, siswa hanya diajari membaca, menulis, berhitung. Setelah Masduqi Ali menyelesaikan sekolah Sekolah Rakyat (SR), kepada beberapa kerabat
sang ayah berucap akan memesantrenkan sang anak ke Jawa Timur. Masduqi kecil di bawa untuk menimba ilmu ke pondok pesantren yang dikelola oleh paman bernama Kyai Harun di daerah Gedangan Mojokerto Jawa Timur.

Tapi oleh Kyai Harun, Masduqi malah diserahkan ke temannya semasa mesantren dahulu dan telah mempunyai Pondok Pesantren yang berada di Tebuireng Jombang, yaitu Hadrotusysyeh KH. Hasyim Asy'ari. Kenapa pamannya yang berasal Cirebon bisa tinggal di Jawa Timur? Ternyata di situ terdapat  sebuah tanah yang telah diwakafkan dan diserahkan kepada KH. Hasyim.

Menurut almarhum Kiai Bulqin (Mang Bulqin), murid Kiai Masduqi saat di Tebuireng yang kemudian tinggal di Jalan Jambrut (samping kantor PBNU), selain menjadi katibnya Mbah Hasyim, Kiai Masduqi juga sempat mengasuh Gus Dur saat masih kanak-kanak. Tak heran Gus Dur sendiri seringkali sowan ke Pesantren Babakan, untuk bertemu “sang pengasuhnya” tersebut.

Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin merupakan yayasan pendidikan Islam yang terletak di bagian selatan desa Babakan, Ciwaringin, Cirebon. Didirikan oleh Al-Magfurlah KH. Masduqi Ali. Pondok ini didirikan dalam rangka pengembangan pondok pesantren di bagian utara desa Babakan, Ciwaringin, Cirebon, yaitu Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin yang didirikan oleh KH. Muhammad Amin (biasa dipanggil masyarakat setempat dengan panggilan KH. Amin sepuh).

Pada masa awal berdiri, pondok pesantren ini diasuh oleh Al-Magfurlah KH. Masduqi Ali yang menikah dengan NY. HJ. Munjiah Masduqi. KH. Masduqi Ali mendirikan madrasah untuk santri putra bernama Madrasah Al-Hikamus Salafiah (MHS), yang kemudian kepemilikan madrasah ini diberikan kepada kiai lain.

Makam Almarhum KH Masduqi Ali Cirebon

Makam KH Masduqi Ali berada di dalam makam komplek keluarga tepatnya dibelakang masjid Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin Babakan, Ciwaringi, Cirebon.