Peran Milenial Menjaga Pancasila

 
Peran Milenial Menjaga Pancasila

LADUNI.ID, Jakarta - Pancasila merupakan dasar negara dimana di dalamnya mengandung arti yang begitu luas, sehingga pancasila  dijadikan pedoman serta landasan hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila juga sebagai pemersatu. Mengapa Pancasila bisa menyatukan bangsa? 

Karena ia adalah jalan tengah. Pancasila tidak berdiri pada titik ekstrim kiri (sosialis), tidak pula berada pada titik ekstrim kanan (kapitalis) apalagi ekstrim radikal-terorisme.

Pancasila menghormati hak-hak individu tapi pada saat yang sama dalam hak individu itu terdapat hak-hak sosial. Perpaduan antara individualisme dan sosialisme, itulah Pancasila.

Tentu ini bukan pemikiran baru. Para guru bangsa telah merumuskan hal ini. HOS Tjokroaminoto, misalnya, menggariskan perpaduan ini dengan sangat tegas dalam karyanya yang monumental tentang sistem kemasyarakatan yang sosial-religius bersendikan demokrasi.

Peran milenial sangat perlu membangun komitmen berpancasila lebih keras di tengah godaan ideologi global dan trans nasional yang mulai mengikis nilai-nilai dan bahkan ingin menggantikan posisi Pancasila.

Generasi milenial perlu bersatu membangun keyakinannya untuk kembali pada jati diri bangsa yang bernama Pancasila. 

Bagaimana caranya?. Yaitu dengan mempromosikan secara luas nilai-nilai filosofis dari Pancasila dengan memanfaatkan semua platform media agar mudah dipahami oleh semua orang. 

Serta mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mulai dari diri sendiri, ataupun lingkungan sekitarnya. 

Salah satu peran penting milenial dalam menjaga Pancasila ialah, bagaimana ia bisa memastikan agar Negara ini dipimpin oleh orang yang bertanggungjawab, mampu menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). 

Bukan malah bergabung dengan organisasi yang anti-Pancasila dan anti-NKRI.

Banyak hal yang dapat dilakukan generasi milenial dalam menjaga Pancasila. Seperti halnya Generasi milenial suka dengan dialog dan narasi yang ringan dan santai. 

Pancasila perlu dinarasikan secara simple dan menyenangkan agar semuanya tertarik untuk memahami, mengamalkan dan berkomitmen menjaga nilai-nilai yang ada pada Pancasila.

Jika semua generasi dapat menjaga Pancasila, dan mengamalkannya disetiap sendi kehidupan bernegara dan berbangsa. Maka NKRI akan selalu utuh, sebab Pancasilalah yang menjadi nadi bagi keberlangsungan NKRI. 

Selamat Hari Pancasila...

Sutanti Idris, S.E
(Owner Khayra_Convection & Kader PMII Makassar)