Pesantren Rohmatul Umam Bantul

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Rohmatul Umam Bantul

Profil |
Pondok Pesantren Rohmatul Umam terletak disebuah dusun kecamatan yaitu Tegalsari, Desa; Donotirto, Kecamatan; Kretek, Kabupaten; Bantul, propinsi; Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan salah satu tujuan wisata andalan DIY, pantai parangtritis dan pantai Samas. Kedua tempat wisata tersebut, disamping mendatangkan keuntungan secara materi, tidak terlepas dari dampak negatif praktek prostitusi dan peredaran narkoba serta kegiatan maksiat yang lain.

Melihat fenomena tersebut, pengasuh yang asli Madura setelah dari kecil nyantri di Pondok Pesantren Sebaneh Bangkalan dibawah asuhan al maghfurlah KH.Thabrani bin Abd.Aziz seorang ulama’ kharismatik yang oleh masyarakat bangkalan saat itu dikenal sebagai seorang Waliyullah(selama 1 tahun:1983-1984), lalu di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Asembagus Situbondo Jawa Timur dibawah asuhan al maghfurlah KHR.As’ad Syamsul Arifin, seorang ulama’ besar-kharismatik dan ikut andil dalam pendirian ormas Islam terbesar Nahdlatul ‘Ulama’ (selama 10 tahun).

Beliau memutuskan hijrah ke daerah tersebut pada hari Selasa Pahing, 5 Agustus 1997 M / 1 Robi’ul Akhir 1418 H. Tujuan hijrahnya tidak ada lain, adalah untuk menyebarkan ilmu agama dan memperjuangkan terwujudnya masyarakat yang mencintai dirinya, agamanya dan bangsa serta negaranya.
Sejak saat itu perjuangan dimulai, berawal dari numpang di rumah Bapak KH.Achmadi Zaenuri selama 1 tahun lamanya, kemudian membeli sebidang tanah dengan luas 340M2 yang berasal dari uang infaq salah seorang sahabat karib pengasuh, yaitu Prof. Dr. H. M. Sambas Sabarnurdin,M.Sc yang saat itu menjabat Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Berselang setahun, Pengasuh membangun sebuah mushalla dari bambu, kemudian membangun rumah tinggal yang serba bambu juga. Sejak saat itu, kegiatan pembelajaran ala pesantren dimulai dengan kurang lebih 8 orang santri yang rata-rata berasal dari Sukabumi jawa Barat.

Waktu terus berjalan, perjalanan perjuangan terus berjalan dengan berbagai rintangan dan tantangan. Dua tahun pertama merupakan masa sulit. Sebagian besar masyarakat belum memahami apa itu pesantren sehingga banyak respon negatif. Demikian pula dengan pendanaan, belum ada pemasukan pasti untuk berjalannnya kegiatan. Bahkan pengasuh sendiri, dimalam hari belum tahu pasti apa yang akan dimakan esok pagi. Akan tetapi dengan semangat 45 dan doa yang terus menerus, Pesantren Rohmatul Umam setapak demi setapak terus melangkah, perlahan tapi pasti, semakin hari semakin menunjukkan eksistensinya.
Pengasuh
KH.Thabrani bin Abd.Aziz

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. SD IT
2. SMP IT
3. SMA IT

Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Madrasah Diniyah
3. Kajian Kitab Kuning.
4. TK
5. KB

Ekstrakurikuler
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Hadrah
2. Latihan pidato
3.  Kursus Bahasa Asing
4.  Musik
5.  Memanah
6.  Berenang
7. Drumb Band
8.  Jurnalistik
9.  Silat
10.  Qiro'ah Tari
11.  Ilmu lukis


Para santri sedang berlatih hadrah


Para santri sedang belajar kitab kuning

Fasilitas
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2.  Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5. Perpustakaan
6.  MCK/WC
7.  Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Lapangan
12. Kantor
13. Posko Kesehatan


Gedung sekolah


Gedung sekolah

Alamat
Jl.Parangtritis km 22, Dusun: Tegalsari, Desa; Donotirto, Kecamatan; Kretek, Kabupaten; Bantul, propinsi; Daerah Istimewa Yogyakarta
Kode Pos: 55772

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.