Majelis Ta'lim Ilmu Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Majelis Ta'lim Ilmu Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo

Profil

Majelis Ta’lim Az-Zahra bermula dari sekumpulan Bunda-bunda pengantar sekolah TK Islam Sabilillah Sidoarjo yang biasanya menghabiskan waktu menunggu kepulangan ananda dengan mengobrol di Kantin Sekolah. Beberapa diantara bunda-bunda tersebut kemudian berinisiatif untuk mengadakan Pengajian dengan tujuan agar bisa mengisi waktu dengan Tolabul ‘Ilmi dan bukan sekedar bicara sana-sini yang berpotensi menimbulkan Ghibah dan Fitnah. 

Pengajian rutinan mingguan disela arisan berlangsung dan mengudang Ustadz Zaky sebagai pengisi pengajian. Beliau adalah teman dari salah satu anggota pendiri Az-Zahra yaitu Bunda Lisa. Pengajian awal ini hanya beranggotakan 15 orang. Setelah rutin diadakan pengajian setiap minggunya dan anggota juga semakin bertambah maka muncullah ide untuk membentuk struktur organisasi dalam pengajian ini dan Ustadz 

Zaky sebagai salah satu penasehat. dan sampai sekarang beiau menjadi pengisi tetap di pengajian Bunda Muslimah Az Zahra setiap hari rabu. Pada tahun 2012 awal dimulainya Kajian Az-Zahra hanya di ikuti oleh sekitar 15 bunda-bunda, kemudian berkembang dan banyak bunda- bunda lain yang awalnya masih mengobrol di kantin Sekolah kemudian tertarik bergabung.

Pada tahun pertama yaitu Milad ke-1 Az-Zahra yang jatuh pada tanggal 23 Februari 2013, jumlah jamaah Az-Zahra sudah mencapai sekitar 80-an jamaah. Kemudian berkembang pada tahun ke-2 (dua Tahun) yaitu pada saat Milad ke-2 (dua) tahun 2014 jamaah Az- Zahra telah berkembang menjadi sekitar 150 anggota, kemudian pada tahun ke-3 (tahun ke tiga) yaitu Pebruari 2015 jumlah jamaah telah berkembang menjadi 300 anggota. Dan saat ini jumlah anggota atau jamaah Az-Zahra telah mencapai 1.500 (seribu lima ratus) anggota lebih yang bergabung.

2015 : 700 an jamaah dan 2016 : 1500 an jamaah dan terus bertambah hingga kini.4 Pada tanggal 15 Juli 2016, Az-Zahra telah mendapat Piagam Ijin Operasional Resmi sebagai Majelis Ta’lim dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Dengan Nomor Majelis Ta’lim. 431235150282.

Profil Majelis Ta’lim Bunda Muslimah Az-Zahra

  • Nama Pengajian : Majelis Ilmu Bunda Muslimah Az-Zahra.
  • NS. Majelis Ta’lim : 431235150282
  • AlamatSekretariat : Ruko MONROE No. 71 Jl.Kahuripan Nirwana, Sidoarjo.
  • Call Center : 08785351539.
  • Email : azzahra.sidoarjo@gmail.com.
  • Fb : https://facebook.com/azzahra.sidoarjo
  • Website : www.az-zahra.web.id.
  • Motto : Untuk Hidup Lebih Mulia.
     


Struktur Organisasi Majelis Ta’lim Bunda Muslimah Az-Zahra

Sebagai Majelis Ta’lim yang legal dan berbadan hukum, Az-Zahra juga memiliki struktur organisasi untuk memudahkan dalam pembagian tugas agar kegiatan dakwah dapat berjalan dengan baik. Berikut struktur organisasi Majelis Ta’lim Bunda Muslimah Az-Zahra Tahun Kepengurusan 2015-2018.

  • Dewan Penasehat dan Pembina: (Koordinator) Ustadz. Ahmad Muzakky Al-Hafidz
  •  Anggotanya Jefry Yahya, Bunda Ely Mufidah dan Bunda Azza Irene Mufia.
  • Ketua Majelis Ta’lim Az-Zahra : Santy Novalia,
  • Wakil Ketua: Utie Pujiastuti,
  • Sekretaris :
    1. Maharastria Arifin
    ​2. Fitri Nur Rochmah
  •  Bendahara :
    1. Farida Ariyanti
    2. Titik Nurhhayati.
  • Berikut pengurus per devisi.
  • Devisi Pendidikan dan Da’wah: Nurul Zaskia (Koordinator), Fatimatus Z, Dyah Rahmawati.
  • Devisi Humas dan Litbang : Titik Sulaykha (Koordinator), Citra Anggraini, Brillianti Pujiastuti.
  • Devisi.Wira Usaha Mandiri : Erida Kevin (Koordinator), Siti Nur Chotimah, Dwi Hartanti.
  • Devisi. Sosial dan Budaya : Nora Irawati (Koordinator), Novi Kusumaning, Yenny Nurul.
  • Devisi. Sarana dan Prasarana : Suhartini (Koordinator), Nurul Hidayah, Noor Syarifah Syofiani.
  • Devisi. Konsumsi : Siti Zulaikha (koordinator) Ida Susanti dan Dwi Ariyani.

Program dakwah Az-Zahra Az-Zahra mempunyai tiga program dakwah

a. Pengajian Rutin Hari Rabu. Pengajian tematik dilaksanakan setiap hari rabu dimulai pukul 08.00 sampai pukul 11.00, Tempat pengajiannya juga berganti-ganti. Diantaranya di minggu pertama di Hotel Sun City Sidoarjo, minggu ke dua di Masjid Nurul Anwar Perumahan Bumi Citra Fajar, minggu ketiga di Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan minggu ke empat di Masjid Nurul Anwar.

b. Pengajian Ummi Pengajian Ummi adalah pengajian yang digelar untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar menggunakan metode belajar Al-Qur’an Ummi. Dalam pengajian ini jamaah belajar Al- Qur’an mulai dari dasar yaitu mulai pengenalan huruf hingga jamaah mampu belajar membaca. Ternaga pengajarnya ialah Ustadzah Wilujeng Rahayu, S.E.I beliau telah memiliki serifikat sebagai pengajar Al-Qur’an metode ummi. Jamaah sangat merasakan manfaat adanya pengajian Ummi beberapa mengaku sebelumnya sama sekali belum mengenal huruf dalam Al-Qur’an kini sudah mampu membaca Al-Qur’an.

c. Bhakti Sosial Wujud dari bhakti sosial yaitu mengadakan santunan. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa event diantara pada event Milad Az-Zahra mengadakan santunan kepada anak yatim, dhua’fa dan para janda yang berada disekitar sidoarjo, juga mengadakan khitan massal. Dan pada Ramadhan 1438 Hijriyah Az-Zahra memberi THR untuk para marbot masjid atau musholla di sidoarjo.

d. Wisata Religi. Wisata religi ini dilakukan satu tahun satu kali, program ini dilkukan untuk berziarah makam waliyullah dan napak tilas perjalanan dakwah para wali khusunya yang menyebarkan Islam di Jawa Timur. Selain itu kegiatan ini dilakukan juga untuk mempererat tali silaturami antar jamaah.

Alamat

Ruko MONROE No. 71 Jl.Kahuripan Nirwana, Sidoarjo.

Call Center : 08785351539.

Email : azzahra.sidoarjo@gmail.com.

Fb : https://facebook.com/azzahra.sidoarjo

Website : www.az-zahra.web.id.

Motto : Untuk Hidup Lebih Mulia.