TPQLB Sleman

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
TPQLB Sleman

Profil
Mulai tahun 2013 Taman Pendidian Quran Luar Biasa(TPQLB) Yayasan Spirit Dakwah Indonesia mulai mengembangkan diri di Yogyakarta. Sebelumnya, yayasan ini sudah banyak bergerak di Tulungagung, Jawa Timur. “TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia merupakan wadah bagi anak difabel di sekitar Tulungagung dan Yogyakarta untuk belajar ngaji Al-Qur’an juga praktik ibadah. TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia tidak memungut biaya alias gratis” ujar Sinung pendiri Yayasan Spirit Dakwah Indonesia.

TPQ Luar Biasa ini juga membuka kesadaran bahwa belajar agama merupakan kebutuhan dan kewajiban semua orang. Saat ini, ada 14 guru yang mengajar 52 murid difabel di TPQLB Yogyakarta sedangkan di Tulungagung ada 10 guru yang mengajar 57 murid difabel. Dia berharap kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an Luar Biasa (TPQLB) didukung pemerintah maupun masyarakat. Jika lembaga pendidikan ini berkembang, semakin banyak kebutuhan guru untuk membantu mengajar.

Pengajaran
“Kami menerima semua kategori keterbatasan anak asalkan mau belajar ngaji,” tutur Ketua TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia, Adin Novitasari. Kegiatan TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia dilaksanakan setiap hari kamis pukul 14.00 sampai 16.00 WIB di SLBN 1 Yogyakarta dan setiap hari minggu pukul 09.00-11.00 WIB di sekolah inklusi SDN Demak Ijo 2. Untuk di Tulungagung dilaksanakan setiap hari minggu pukul 09.00-11.00 WIB di Kantor Yayasan Spirit Dakwah Indonesia Tulungagung yang beralamatkan Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jadwal belajar hari minggu pertama dan kedua setiap bulannya adalah mengaji dan menulis Al-Qur’an. Hari minggu ketiga praktik ibadah yang diselingi belajar menggambar kaligrafi. Sedangkan minggu keempat diadakan shalawat dan dzikir bersama guru, orang tua, anak, dan masyarakat sekitar.

Diharapkan TPQLB Spirit Dakwah Indonesia (SPIDI) bisa dirasakan manfaatnya untuk semua anak difabel di Yogyakarta dan Tulungagung Jawa timur dengan terus membangun sinergi bersama dengan masyarakat, lembaga, dan komunitas yang ingin membangun kesejahteraan, pendidikan, dan kemandirian difabel Indonesia.

Karena TPQLB tidak memungut biaya semoga ada banyak dermawan yang bisa mendonasikan rejekinya untuk operasional yayasan. Besar harapan kita bisa merekrut banyak ustad ustadah untuk bisa lebih banyak mengajar santri sehingga lebih luas manfaatnya untuk agama. Terlebih cita cita besar untuk mendirikan pondok pesantren khusus difabel.
Pendiri
Mochammad Sinung Restendy

Alamat
Kantor : TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia
RT 06 RW 06 Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman DI. Yogyakarta
Telepon: 082245329809
Rekening;BNI 0707411271 an Mochammad Sinung Restendy
FB : Spirit Dakwah Indonesia, Spirit Dakwah Yogyakarta