Panti Asuhan Darul Aitam Miftahul Ulum Lumajang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Darul Aitam Miftahul Ulum Lumajang

Profil
Panti ini didirikan pada tahun 1988 yang merupakan perwujudan misi sosial yayasan. Diprakarsai oleh Almarhum KH. Basyuni Rokhim, yang juga tentara pejuang, beliau menjemput putra dan putri anak yatim di daerah kabupaten lumajang untuk diasuh setelah orang tua mereka menyetujuinya. Pada tahun 2012 – 2013 jumlah anak yang tergabung dalam panti ini sebanyak 201 anak, terdiri atas 112 anak perempuan dan 89 anak laki-laki. 

Darul Aitam sebagai panti telah mendapat kepercayaan masyarakat, baik dari yayasan lain seperti Darmais, kelompok masyarakat; umum/pribadi atau swasta/pengusaha maupun pemerintah baik dinas sosial maupun dinas lainnya di pemerintah Kabupaten Lumajang. Pada dasa warsa pertama telah dibantu oleh dinas sosial seperti bantuan peralatan membuat tempe untuk produksi. Donatur dari masyarakat berupa finansial atau penerimaan zakat fitrah, mal dan shodaqoh telah mengantarkan anak-anak yatim menjadi anggota masyarakat yang baik.

Bantuan masyarakat khususnya dari zakat telah dapat terwujud berupa sapi potong yang bekerjasama dengan masyarakat untuk keberlanjutan pendanaan panti asuhan. Mempunyai satu unit mobil untuk transportasi. Unit Darul Aitam masih menerima bantuan untuk pengelolaan ke depan baik berupa wakaf, zakat atau shodaqoh sepanjang waktu dalam tiap harinya. Sebagai contoh; pengusaha, pribadi masyarakat sering mengundang anak yatim untuk moment kegiatan selamatan, pernikahan, acara ulang tahun dan lainnya. Semoga amal sholeh semua yang terlibat dalam urusan anak yatim ini mendapat balasan dari Allah SWT. Amin

Mengikuti perkembangan usaha pemerintah untuk melaksanakan kesejahteraan sosial saat sekarang terbentuk lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA). Forum-forum pertemuan telah sering diikuti di tingkat Nasional dan regional. Tingkat Provinsi Jawa Timur forum yang diadakan untuk rapat kerja juga diikuti dan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur.

Kegiatan
1. Tahfidzul Qur'an
2. Kajian Kitab AlQur'an dan Tafsirnya
3. Kajian Kitab Kuning
4. Madrasah Diniyah
5. Kegiatan Olahraga
6. Wisata
7. Beasiswa sekolah 
8. Sekolah dari SD sampai perguruan tinggi

Alamat
 Jl. Argopuro Gg. Pesantren 31 Lumajang Jawa Timur
Kode Pos:  67312.
Telepon:     0334 882648