Pengantar Kitab Syajaratul Ma’arif (3): Buah Ma’rifah dan Faedahnya

 
Pengantar Kitab Syajaratul Ma’arif (3): Buah Ma’rifah dan Faedahnya

LADUNI.ID, Jakarta - Tulisan ini merupakan seri pengantar penulis kitab Syajaratul Ma’arif Tangga Menuju Ihsan, yang ditulis oleh Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam. Di dalam edisi ini akan dibahas mengenai Buah Ma’rifah dan Faedahnya, serta Bahaya Kebodohan. Selamat membaca.

***

Sebaik-baik sifat manusia adalah ‘irfan (ilmu yang mendalam), dan sebaik-baik ‘irfan adalah mengetahui Dayyan (Tuhan), karena dia mengatarkan pada ihsan (kebaikan) dan membuatnya meninggalkan permusuhan.

Urutan selanjutnya adalah pengetahuan tentang hukum-hukum Al-Qur’an dan apa yang dijanjikan kepada orang-orang yang taat dan beriman juga kepada orang-orang yang kafir dan ahli maksiat.

Maka, buah dari megetahui Sang Maha Rahman adalah kondisi ruhani yang tinggi, dan ucapan-ucapan yang sarat sunnah, perilaku-perilaku yang diridhai dan derajat ukhrawi.

Buah pengetahuan tentang hukum-hukum Allah adalah menjauhi kemaksiatan dan mengikuti perilaku-perilaku yang diridhai.

Buah dari mengerti janji dan ancaman Allah adalah bisa mengambil pelajaran dari apa yang terjadi pada orang-orang yang melakukan maksiat dan akan senantiasa melakukan ketaaatan dan

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN