Penjelasan Habib Luthfi bin Yahya Soal Jasad Utuh Meski Dikubur Bertahun-tahun

 
Penjelasan Habib Luthfi bin Yahya Soal Jasad Utuh Meski Dikubur Bertahun-tahun

LADUNI.ID, Jakarta - Fenomena jasad muslim tetap utuh meski dikubur bertahun-tahun tanpa membusuk, ada penjelasannya. Seperti pernah dialami Syekh Nawawi Al-Bantani, saat pemerintah Arab Saudi akan memindahkan kuburan beliau, ternyata jasadnya masih utuh.

Walau telah dikubur selama bertahun-tahun, jasad tetap utuh tanpa tergores ataupun membusuk di dalam tanah.

Alasan mengapa jasad bisa utuh walau telah dikubur selama bertahun-tahun disampaikan Maulana Habib Luthfi. Maulana Habib Luthfi menjelaskan Sunnah Nabi Muhammad SAW tentang Keutamaan sholawat Kepada Nabi SAW.

Dijelaskan oleh beliau, banyak orang yang tidak dapat menghapal Alqur'an tetapi diketahui jasadnya tidak rusak walau telah dikubur selama bertahun-tahun.

"Tidak hafal Qur'an itu banyak, tetapi di dalam kubur (jasadnya) masih utuh. ternyata apa? orang itu min ahli sholawat 'alan Nabi shalallahualaihi wa salam," jelas Habib Luhfi

Hal tersebut dipaparkan Habib Luthfi sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yakni; ''Barang siapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali, dan barang siapa yang bersholawat kepadaku 10 kali, maka Allah akan bersholawat kepadanya 100 kali."

"Nabi juga bersabda , ''Siapa membaca sholawat kepadaku sebanyak satu kali, Allah Ta'alla akan memberikan 10 (rahmat). Siapa membacca sholawat padaku sepuluh kali, Allah Ta'alla memberikan 100 (rahmat). Siapa membaca sholawat padaku 100 kali, Allah Ta'alla akan memberi rahmat 1.000. Siapa membaca sholawat padaku 1.000 kali, haram jasadnya masuk Neraka," ungkap Habib Luthfi.

"Nah alam kubur ini belum apa-apa dibandingkan dengan Neraka, jadi jika di dalam kuburnya masih utuh ya tidak mustahil orang itu min ahli sholawat kepada kanjeng Nabi shalallahualaihi wa salam," tegas beliau.

Kisah menginspirasi juga disampaikan oleh Habib Luthfi, seperti cerita seorang wanita tua penyapu masjid. Nenek yang tak pernah diketahui asal-usulnya sering terlihat menyapu masjid setiap pagi.

Hingga suatu ketika, para jamaah masjid merasa kasihan terhadap nenek tersebut dan sepakat untuk menyapu bersih pekarangan masjid sebelum nenek itu tiba.

Singkat cerita, nenek itu, seperti biasanya, tiba di masjid dan menemukan pekarangan telah bersih.

Mengejutkan, ia bukan bahagia. Sebaliknya, ia menangis tersedu-sedu, tangisannya menyayat hati dan membuat para jamaah bertanya kepada sang nenek yang terus bungkam.

Hingga ajal menjemput, rahasia nenek yang menangis ketika melihat pekarangan masjid bersih pun terkuak.

Alasannya sang nenek sedih ketika mendapati pekarangan masjid telah bersih dari daun-daun. Sebab, setiap ia memunguti helai demi helai daun, di saat itu pula ia bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

"Ada banyak contoh seperti layaknya nenek itu di sekitar kita. Individu-individu yang tak mengerti dan paham mengenai dalil-dalil shahih Al quran dan Hadis mengenai cinta terhadap Nabi SAW. Namun, mereka mewujudkan kecintaannya dengan cara mereka sendiri, bagi nenek tua pada kisah di atas, bersholawat kepada Nabi adalah bentuk terbaik mewujudkan cinta kepada Nabi SAW," dawuh Habib Luthfi bin Yahya.

***

Allahumma Sholli alaa Sayyidina Muhammad Wa'ala aali Sayyidina Muhammad
Al Fatihah….