Kisah Kemasyhuran Ilmu dan Kitab Imam Syafi'i

 
Kisah Kemasyhuran Ilmu dan Kitab Imam Syafi'i

LADUNI.ID, Jakarta - Ibunda Imam Syafi'i adalah seorang ibu yang tidak bangga atas kekayaan anaknya. Suatu ketika beliau berkata: "Nak, pergilah menuntut ilmu untuk jihad di jalan Allah SWT, kelak kita akan bertemu di Akhirat saja."

Perintah ibunda Imam Syafi'i kepada Imam Syafi'i sebelum pergi menuntut ilmu. Kemudian, Imam Syafi'i berangkat dari Mekah ke Madinah belajar dengan Imam Malik, kemudian ke Iraq.

Di Iraq, Imam syafi'i bukan hanya 1 atau 2 tahun, karena beliau tidak berani pulang ke rumah dan ketika beliau ingin pulang beliau teringat pesan ibunda (kelak kita bertemu di akhirat saja) sehingga sebelum ada izin dari ibunya, beliau tidak berani pulang ke rumah.

Di Iraq, beliau menjadi orang besar, ulama dan alim. Suatu ketika, ada halaqoh besar di Masjidil Harom, ada seorang ulama besar dari Iraq dalam perkataanya sering menyebut, "Muhammad bin Idris Asy-syafi'i berkata begini begini ..."

Kemudian ibunya Imam Syafi'i bertanya, "Ya Syikh, siapakah Muhammad bin Idris Asy-syafi'i itu?" . Kemudian Syaikh tersebut menjawab dengan bangganya, "Dia adalah guruku, seorang yang 'alim, cerdas, sholeh yang berada di Iraq. Asalnya dari Mekah sini. "

Kemudian, ibu Imam Syafi'i berkata, "Ketahuilah Syaikh, Muhammad bin Idris Asy-Syafii itu adalah anakku."

Syaikh itupun kaget dan tercengang, "Subhaanallaah, wahai ibu, benarkah hal itu?"

"Ya , benar. Dia adalah anakku..." jawab ibu Imam Syafi'i.

Rombongan dari Iraq itupun seketika menunduk, sebagai tanda hormat kepada ibu Imam Syafi'i. Kemudian Syaikh tersebut berkata, "Wahai ibu, sepulang dari haji ini kita akan kembali ke Iraq. Apa pesanmu kepada Imam Syafi'i?"

Kemudian, ibunda Imam Syafi'i berkata, "pesanku kepada Syafi'i ‘Sekarang, jikalau dia sekarang ingin pulang, aku mengizininya untuk pulang..."

Kemudian, sepulang dari haji, Syaikh beserta rombongan Iraq itupun menyampaikan pesan tersebut kepada Imam Syafi'i bahwasanya ibundanya, mengizinkan beliau untuk pulang ke rumah.

Mendengar hal tersebut, air mata beliau pun berlinang terharu dan merasa bahagia. Ini artinya, Imam Syafi'i masih berkesempatan bertemu dengan sang ibunda di dunia ini, walaupun sebelumnya ibundanya berkata, "kita bertemu di akhirat saja…"

Imam Syafi'i tidak mengulur-ngulur waktu, beliau pun berkemas-kemas ingin sesegera mungkin bertemu sang ibunda di Makah. Sebelumnya, Imam Syafi'i berpamitan kepada warga Iraq setempat.

Karena kealiman dan kemasyhuran beliau di Iraq, masyarakat yang mencintai dan mengagumi beliau, merasa bersimpati kepada Imam Syafi'i dengan memberi apa yang mereka punya dari kekayaan mereka, ada yang memberi unta, dinar, dan lain-lain, sekedar untuk bekal.

Akhirnya, Imam Syafi'i pun berangkat pulang dengan membawa puluhan unta dan dikawal oleh beberapa santri beliau.

Sesampai di perbatasan Kota Mekah, Imam Syafi'i mengutus seorang santrinya agar mengabarkan kepada ibundanya bahwa saat ini beliau sudah di perbatasan Kota Mekah. (Hal seperti ini termasuk sunnah, yakni mengabarkan ke rumah ketika seseorang mau pulang supaya pihak rumah mempersiapkan).

Kemudian, santri Imam Syafi'I pun mengetuk pintu rumah.

"Siapa itu?" tanya Ibunda Imam Syafi'i.

"Saya adalah santri Imam syafi'i yang diutus beliau agar mengabarkan kepada anda, bahwa Imam Syafi'i sekarang sudah berada di perbatasan Kota Mekah," jawab santri Imam Syafi'i.

Lalu, ibunda Imam Syafi'i berkata, "Syafi'i Membawa apa?"

Dengan bangga santri Imam Syafi'i menjawab, "Imam Syafi'i pulang dengan membawa puluhan unta dan harta lainya."

Mendengar penuturan santri Imam Syafi'i yang polos itu, ibunda Imam Syafi'i menutup pintunya sambil berkata, "Aku menyuruh Syafi'i ke Iraq bukan untuk mencari dunia!. Beritahu kepada Syafi'i bahwa dia tidak boleh pulang ke rumah…!"

Menuruti perintah ibunda Imam Syafi'i, santri Imam Syafi'I pun gemetar dan berkata kepada Imam Syafi'I, "Wahai imam, Ibunda anda marah dan menyuruh anda untuk tidak boleh pulang ke rumah."

Lalu Imam Syafi'i berkata, "Mengapa bisa demikian?"

Santrinya pun menjawab, "Wahai Imam, sesungguhnya ibunda anda bertanya? Syafi'i membawa apa? kemudian aku berkata bahwa "Imam Syafi'i membawa puluhan unta dan kekayaan lainnya."

"Sungguh kesalahan besar dirimu, jika engkau menganggap ibundaku akan bahagia dengan harta yang kubawa ini. Baiklah, sekarang kumpulkan orang Mekah dan bagikan semua unta dan kekayaan lainya pada penduduk Mekah dan sisakan kitabku, setelah itu khabarkan lagi kepada ibuku..." ujar Imam Syafi'i kepada santrinya.

Santri Imam Syafi'i itu pun menurut apa yang diperintahkan oleh gurunya, lantas ia kembali ke rumah Imam Syafi'i untuk menemui ibunda beliau.

Sesampai di depan rumah ia mengetuk pintu, dan terdengarlah dari dalam rumah, "Siapa ?"

"Saya adalah murid Imam Syafi'i yang kemarin dan ingin mengabarkan kepada anda, bahwa Imam Syafi'i telah membagikan semua untanya dan harta yang lainnya, yang beliau bawa hanya kitab dan ilmu," jawab santri Imam Syafi'i.

"Alhamdulillah, baiklah sekarang kabarkan kepada Syafi'i bahwa dia boleh pulang ke rumah dan dia aku tunggu..."

Mendegar kabar itu, Imam Syafi'i bahagia dan terharu dengan kabar tersebut, seraya mencium ibundanya yang telah lama tidak bertemu.

Semoga kisah ini dapat menjadi inspirasi bahwa ilmu itu lebih berharga daripada kekayaan yang kita miliki. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin…

***

Sumber: Kitab Santri
Editor: Muhammad Mihrob