Di Malam Jumat: Baca Surat Yasin Atau Al-Kahfi?

 
Di Malam Jumat: Baca Surat Yasin Atau Al-Kahfi?

LADUNI.ID, Jakarta - Tema ini berangkat dari perbincangan saat ngaji bersama PCI NU Jerman, disampaikan oleh Bu Dokter SasQa SasQa (Dokter Spesialis Jantung) dan dipandu oleh Bu Rina Agustina dari Jerman, Via Zoom.

Kita sudah lama mengamalkan surat Yasin dibaca di malam Jumat. Setelah datang kelompok Salafi tiba-tiba mereka membuat gaduh dengan ucapan mereka: "Nabi mengajarkan baca Al-Kahfi di malam Jumat, sementara Kiai mengajarkan baca Surat Yasin. Anda ingin ikut Nabi apa kiai?"

Jangan pernah terjebak dengan propaganda semacam ini. Nabi tidak bisa dibandingkan dengan Kiai, tidak Apple to Apple. Kalau ingin dibandingkan Kiai dengan ustaz-ustaz Salafi. Kita cukup menjawab: "Ikut Kiai otomatis ikut Nabi". Sebab baca Yasin di malam Jumat juga ada riwayat hadisnya.

Bagi yang baru tahu hadis yang menganjurkan baca surat-surat tertentu di malam Jumat, akan mengira hanya surat Al-Kahfi saja. Padahal menurut ulama ahli hadis dari Mesir ada banyak:

ﻭاﻋﻠﻢ ﺃﻥ اﻟﻤﺘﺒﺎﺩﺭ ﺇﻟﻰ ﺃﻛﺜﺮ اﻷﺫﻫﺎﻥ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ اﻟﻤﻄﻠﻮﺏ ﻗﺮاءﺗﻪ ﻟﻴﻠﺔ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﻳﻮﻣﻬﺎ ﺇﻻ اﻟﻜﻬﻒ ﻭﻋﻠﻴﻪ اﻟﻌﻤﻞ ﻓﻲ اﻟﺰﻭاﻳﺎ ﻭاﻟﻤﺪاﺭﺱ ﻭﻟﻴﺲ ﻛﺬﻟﻚ ﻓﻘﺪ ﻭﺭﺩﺕ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﻓﻲ ﻗﺮاءﺓ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻳﻮﻣﻬﺎ ﻭﻟﻴﻠﺘﻬﺎ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN