Menyikapi Suami yang Sering Berbohong Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

 
Menyikapi Suami yang Sering Berbohong Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan tentang bagaimana menyikapi suami yang sering berbohong dalam pandangan Prof. Habib Quraish Shihab.

***

Saya yakin suami saya sering berbohong. Namun apabila saya menggugatnya, kami selalu ribut besar, dan karena saya punya penyakit jantung, jadi saya menghindari ribut besar denganya. Saya pikir mendoakannya agar selalu jujur adalah jalan yang terbaik sehingga saya tidak perlu ribut besar dengannya. Apakah ada doa yang manjur agar suami selalu jujur? Dan kapankah waktu yang tepat membacanya?

Tata, Ibu Rumah Tangga, Cibinong, Bogor

Kebohongan lahir dari rasa takut atau butuh. Karena itu anda harus menyelidiki apa penyebab kebohongan suami. Siapa tahu ada yang ditakutinya takut malu, takut cidera, takut kehilangan, dan sebagainya. Atau ia enggan bertengkar karena merasa bila berterus terang akan menyebalkan dirinya.

Doa dilakukan sambil berusaha. Dalam konteks pertanyaan ini adalah usaha dari anda untuk meyakinkan suami bahwa tiada kekhawatiran bila ia berterus terang serta usaha dari yang bersangkutan untuk berani menghadapi resiko sambil menyadari keburukan berbohong.

Usaha itu dibarengi dengan doa. Salah satu doa yang ajarkan Nabi Muhammad Saw yang dapat anda baca sambil meniatkan juga untuk suami adalah doa yang disampaikan ileh seorang perempuan bernama Um Ma’bad al-Khuza’iyah dari riwayat pakar hadis al-Hakim:

“Allahumma thahir qulubana min an-Nifaq, wa a’malana min arriya, wa alsinatana min al-kadzib, wa uyunana min al-khiyanati fainnaka ta’lamu kha’inata al-a’yun wma tukhfi ash-shudur.”

Artinya: Ya Allah, sucikanlah jiwa kami dari kemunafikan, amal-amal kami dari riya, lidah kami dari berbohong, mata kami dari khianat, sesungguhnya Engkau mengetahui khianatnya mata dan apa yang disembunyikan di dalam dada.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.