Alumni Pesantren Sukorejo Dilantik sebagai Ketua STAI Darul Hikmah Aceh

 
Alumni Pesantren Sukorejo Dilantik sebagai Ketua STAI Darul Hikmah Aceh

LADUNI.ID, Aceh Barat - Ketua Yayasan Pesantren Darul Hikmah Islamiyah (DHI), Abu. H. Saidi Ashari  melantik Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Ust. Rahmat Saputra, Ph.D(c) sebagai Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Barat periode 2021-2025 menggantikan Bapak Khaidir, S.Ag., MA . Pelantikan itu diadakan di aula gedung STAI Darul Hikmah Aceh Barat, Meulaboh, Selasa (05/01/2021).

Proses pelantikan itu berlangsung khidmat dengan suasana kekeluargaan ala Pesantren. Selain dihadiri oleh pengurus yayasan dan pejabat struktural STAI Darul Hikmah, pelantikan itu juga dihadiri oleh perwakilan dosen dan pengurus Ikatan Santri dan Alumni Darul Hikmah Islamiyah (IKSADI) .

"Saya sangat bersyukur atas kesediaan Ustadz. Rahmat untuk menjadi ketua STAI Darul Hikmah Aceh Barat. Sudah lama moment ini saya tunggu. Harapan dan do'a saya semoga kampus ini dapat berkembang bersama dengan Pesantren untuk memperjuangkan Islam hingga akhir zaman,” ujar Abu H Saidi Ashari, Selasa (05/01/2020).

Pelantikan itu berlangsung dengan tetap memprioritaskan protokol kesehatan, tamu undangan juga dibatasi. Dalam kata sambutannya, kandidat doktor di Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia ini mengatakan jabatan yang diberikan itu merupakan amanah besar.

"Saya percaya kampus ini memiliki potensi besar untuk berkembang. Melalui prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), kita dapat memberikan kemudahan para santri & alumni Pesantren memperoleh gelar sarjana. Melalui prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) kita dapat membantu para guru dan calon guru jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi pendidik yang unggul dan profesional. Karena saat ini, guru PAUD sangat dibutuhkan seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memasukkan anak ke sekolah PAUD untuk kesuksesan masa depannya," kata penerima penghargaan GOT Award UniSZA 2018 ini.

Ia melanjutkan penjelasannya tentang rencana pengembangan kampus kedepan yang akan membuka prodi baru.

"Sebagai perguruan tinggi satu-satunya di Barat Selatan Aceh yang terintegrasi dengan pendidikan Pesantren, dukungan masyarakat kepada STAI Darul Hikmah Aceh Barat sangat besar. Untuk menampung aspirasi itu, insyaAllah dalam tahun ini kita akan membuka prodi baru yang nantinya akan diisi oleh dosen lulusan dari dalam dan luar negeri," tambahnya.

Rahmat adalah alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah & Ma'had Aly Sukorejo Situbondo, yang didirikan oleh Pahlawan Nasional dan Mediator berdirinya Nahdlatul Ulama (NU), KH. As'ad Syamsul Arifin. Sejak merebaknya Covid-19 ia aktif mengadakan pengajian online, webinar hingga konferensi internasional melalui Pondok Pesantren RUMI (Raudhatul Ulum Munirul Islam) yang ia dirikan.

Ia juga dikenal sebagai technopreneur, penulis dan pembicara profesional di Indonesia dan Malaysia. Rahmat pernah aktif di organisasi IKSASS, PMII, PPM ASWAJA - LTN NU, HIPSI, Ashoka, dan lain-lain. Dalam laman webnya, Rahmat tercatat pernah mendapatkan belasan penghargaan di dalam dan luar negeri. Diantaranya penghargaan Young Changemakers 100 pemuda pembawa perubahan di Indonesia, Top 20 Regional TheNextDev Telkomsel, Grand finalis kompetisi BRI Digital Challenge, Finalis Wirausaha Muda Mandiri, dan penghargaan GOT Award dari UniSZA, Malaysia.(*)

***

Pewarta: Misbachuddin
Editor: Muhammad Mihrob