Doa Tidak Harus dari Anak Kandung

 
Doa Tidak Harus dari Anak Kandung

LADUNI.ID, Surabaya – Dalam sebuah postingan di akun facebook pribadinya, Ustadz Ma’ruf Khozin menulis tentang ungkapan bela sungkawanya atas kewafatan Ustadz Muhammad Imam Drajad. Selama hidup, almarhum tidak dikaruniai anak, namun bukan berarti tidak ada anak yang mendoakannya.

Sebab, menurut Ustadz Ma’ruf Khozin, doa yang dipanjatkan tidak harus dari anak kandung. Berikut ini adalah tulisan lengkap Ustadz Ma’ruf Khozin.

Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un telah wafat Ust Muhammad Imam Drajad (Paman dr. Achmad Syafirullah) sesepuh di Panti Asuhan Wahid Hasyim di Benowo kemarin malam dan baru bisa Takziyah tadi sore.

Beliau mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan di Wahid Hasyim (afiliasinya ke NU) dan menjadi salah satu pengasuh di panti asuhan tersebut.

Beliau memang tidak dikaruniai putra biologis namun banyak putra-putri yang beliau didik hingga menjadi orang sukses. Kendati demikian, orang yang mendoakan kepada orang tua tidak harus anak kandung, seperti penjelasan ulama Syafi'iyah berikut:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻗﺎﻝ: " ﺇﺫا ﻣﺎﺕ اﻹﻧﺴﺎﻥ اﻧﻘﻄﻊ ﻋﻨﻪ ﻋﻤﻠﻪ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺛﻼﺛﺔ: ﺇﻻ ﻣﻦ ﺻﺪﻗﺔ ﺟﺎﺭﻳﺔ، ﺃﻭ ﻋﻠﻢ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ، ﺃﻭ ﻭﻟﺪ ﺻﺎﻟﺢ ﻳﺪﻋﻮ ﻟﻪ "

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Jika manusia meninggal maka amalnya terputus darinya kecuali 3, sedekah yang terus mengalir (wakaf) atau ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakannya" (HR Muslim).

Syekh Abu Bakar Dimyathi Syatha menulis:

(ﻗﻮﻟﻪ: ﺃﻭ ﻭﻟﺪ) ﻓﺎﺋﺪﺓ اﻟﺘﻘﻴﻴﺪ ﺑﻪ، ﻣﻊ ﺃﻥ ﺩﻋﺎء اﻟﻐﻴﺮ ﻳﻨﻔﻌﻪ، ﺗﺤﺮﻳﺾ اﻟﻮﻟﺪ ﻋﻠﻰ اﻟﺪﻋﺎء ﻷﺻﻠﻪ.

Hikmah mengapa dalam hadis menyebutkan anak saja padahal doa dari orang lain juga sampai, adalah untuk mendorong anak mendoakan leluhurnya (Ianah Ath-Thalibin 3/187)

رحمه الله رحمة واسعة ونور قبره ووسع مدخله وضاعف حسناته وكفر سيئاته

•] Keterangan Foto di atas: Ramadhan 3 tahun lalu di Panti Asuhan Wahid Hasyim Benowo.(*)

***

Penulis: Ustadz Ma’ruf Khozin
Editor: Muhammad Mihrob
 


Aktifkan NSP Tausiyah Ustadz Makruf Khozin "Dzikir Solusi Musibah"
Ketik DSMUA Kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9.900/bulan