Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Lantik 11 Pejabat Baru

 
Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Lantik 11 Pejabat Baru

LADUNI.ID, Meulaboh - Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Barat, Rahmat Saputra melantik 11 pejabat baru di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah Aceh Barat pada hari jumat, 15/1/2020 di Aula STAI Darul Hikmah. Pelantikan tersebut turut disaksikan oleh ketua yayasan, Abu. H. Saidi Ansari, perwakilan pengurus yayasan, dosen dan dewan guru dayah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Rahmat Saputra meminta para pejabat untuk komitmen dan konsisten menegakkan profesionalisas dan integritas sebagai pejabat di STAI Darul Hikmah. Niat yang tulus ikhlas melakukan pekerjaan karena Allah, serta memaksimalkan penggunaan teknologi digital menurutnya, menjadi modal kuat untuk mengembangkan kampus STAI Darul Hikmah kedepan.

“Saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar STAI Darul Hikmah Aceh Barat. Dan saya yakin semua pejabat yang baru dilantik merasakan hal yang sama. Karena itu kita harus memiliki komitmen penuh untuk mengembangkan kampus STAI Darul Hikmah Aceh Barat yang memiliki visi mulia mewujudkan lulusan berkualitas dan berwawasan keIslaman luas berbasis Dayah/Pesantren. Inilah ladang amal jariyah kita,” tuturnya, Jumat (15/01/2021) kemarin.

Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Barat menjelaskan prinsip pengembangan kampus kedepan berpedoman pada al-muhafadhotu ‘ala qodimis sholih, wal akhdzu bil jadidil ashlah. Artinya menjaga hal lama yang baik, dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik.

“Prodi yang sudah ada di STAI Darul Hikmah Aceh Barat harus kita jaga dan tingkatkan kualitasnya. Dan prodi-prodi baru juga perlu kita buka untuk menjawab kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Seminar nasional dan konferensi internasional juga perlu diadakan untuk menigkatkan kualitas dosen dan mahasiswa sekaligus menjawan tantangan di era disrupsi,” ujarnya.

Teungku Rahmat yang juga pimpinan Dayah RUMI ini mengatakan dalam waktu dekat insyaAllah STAI Darul Hikmah Aceh Barat akan mengadakan seminar international.

“InsyaAllah kami akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat untuk mengadakan seminar internasional dengan tema: pembangunan berbasis syari'at Islam di Aceh. Saat kami bersilaturahim dengan Bapak Bupati Aceh Barat, beliau sangat mendukung dan bersedia menjadi salah satu pembicaranya,” tambah lulusan kampus UniSZA Malaysia ini.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, juga terdapat acara “peusijuk” yang merupakan prosesi adat dan do'a dalam budaya masyarakat Aceh yang dipimpin langsung oleh ketua yayasan Abu H. Saidi Ansari. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru dilantik.

“Saya ingat betul, proses pendirian kampus ini cukup berat dan melelahkan. Setelah 12 tahun berusaha, baru pada tahun 2012 kementerian agama mengeluarkan izin pendirian kampus STAI Darul Hikmah Aceh Barat. Ini adalah tempat kita beribadat, perlu kerja keras agar kampus ini terus berkembang dan maju untuk memperjuangkan Islam hingga turunnya Nabi Isa 'alaihis salam,” imbuhnya. 

Untuk diketahui, pejabat struktural yang baru dilantik adalah Wakil Ketua 1 Khaidir, Wakil Ketua 2 Yusdarman, Wakil Ketua 3 Syahwaludin, Ketua Program Studi PBA Fathur Rusydi Amar, Ketua Program Studi PIAUD Said Nazaruddin, Ketua P3M Najamul Wathan, Ketua P2M  Muhammad Rizal. Selain itu, ketua STAI-DH Aceh Barat juga melantik Bendahara Riska Ida Irawan, Kasie Bidang Kemahasiswaan Fariyoni, Kasie Bidang Akademik Sultan Parpatih, dan Operator Teuku Khairul Rizal.(*)

***

Pewarta: Misbachuddin
Editor: Muhammad Mihrob