Biografi Nyai Mariam Kanta Sumpena

 
Biografi Nyai Mariam Kanta Sumpena

Daftar Isi Profil Mariam Kanta Sumpena

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Karier
  4. Peranan di Nahdlatul Ulama
  5. Aktif di Politik

Kelahiran

Nyai Mariam Kanta Sumpena lahir pada bulan Agustus 1927, di Tasikmalaya.

Pendidikan

Nyai Mariam Kanta Sumpena memulai pendidikkannya dengan belajar di Sekolah Rakyat Gadis. Setelah selesai, beliau melanjutkan belajar di Perguruan Muchtariah hingga Tamhidul Mu'allimin.

Karier

Setelah menyelesaikan masa belajarnya, Nyai Mariam mengajar di Bandung. Pada 1941 - 1945, ia mengajar agama di Sekolah Rakyat Nomor 39. Kemudian pada 1951 - 1956, ia pindah mengajar agama Sekolah Rakyat Raden Dewi. Di sela-sela aktivitasnya di sekolah, Mariam juga menjadi ketua di organisasi wanita.

Pada 1942 - 1946, menjadi ketua umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia Puteri di Bandung. Sekaligus juga menjadi ketua umum Pemudi NU Cabang Bandung.   

Peranan di Nahdlatul Ulama

Kegiatannya dalam dunia politik, telah dirintis Mariam sejak era NU gabung Masyumi. Pada 1947 - 1951, ia menjabat sekretaris Masyumi daerah Priangan. Di saat yang sama ia juga menjadi sekretaris Muslimat NU Cabang Bandung. Pada 1951, ia naik menjadi wakil ketua konsul Muslimat Jawa Barat. Jabatan terakhir tersebut, dijabat hingga ia terpilih menjadi anggota parlemen dengan Nomor 195.

Aktif di Politik

Dari Dapil Jawa Tengah berhasil mengantarkan Nyai Mariam Kanta Sumpana sebagai anggota Fraksi NU pada Pemilu 1955 itu. Meski terpilih dari Jawa Tengah, namun ia sebenarnya banyak berkiprah di Jawa Barat.