Khutbah Jumat: Hikmah Isra' Mikraj

 
Khutbah Jumat: Hikmah Isra' Mikraj

Khutbah Pertama

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي امْتَنَّ عَلَى الْعِبَادِ بِأَنْ يَجْعَلَ فِي كُلِّ زَمَانِ فَتْرَةٍ مِنَ الرُّسُلِ بَقَايَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ، يَدْعُونَ مَنْ ضَلَّ إِلَى الْهُدَى، وَيَصْبِرُونَ مِنْهُمْ عَلَى الأَذَى، وَيُحْيُونَ بِكِتَابِ اللَّهِ أَهْلَ الْعَمَى، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىي وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْن. قَالَ اللهُ تَعَالَى: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مّمّن دَعَآ إِلَى اللّهِ وَعَمِلَ صَالِحاً وَقَالَ إِنّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam serta nikmat sehat. Nikmat terbesar yang Allah karuniakan kepada hamba-Nya. Semoga kita selalu berada dalam keadaan Iman dan Islam hingga akhir hayat kita. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang menjadi panutan kita dan tiap sunnahnya selalu kita teladani.

Baca juga: Khutbah Jumat: Covid di Antara Qobidh dan Khofidh

Mengawali khutbah ini khatib berwasiat kepada diri khatib pribadi, dan kepada para jama’ah shalat Jum’at, marilah kita senantiasa berupaya meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban atas perintah-perintah-Nya dengan segenap keteguhan hati dan kemantapan jiwa, dan menjauhkan diri dari segala apa yang menjadi larangan-larangan-Nya.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Saat ini kita berada di bulan Rajab, satu di antara empat bulan yang dikenal sebagai asyhurul hurum (bulan-bulan mulia), di dalamnya umat Islam diharamkan perang dan pertumpahan darah, kecuali untuk defensif (mempertahankan diri), karena diperangi. Dalam bulan Rajab ini kita diingatkan dengan peristiwa besar, Isra’ Mi’raj, umumnya diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Oleh karena itu, penting bagi kita memperhatikan kembali peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad S.a.w. Mengapa? Hal ini karena hikmah yang begitu besar atau pelajaran yang sangat berharga bagi umat Islam. Dengan memahami hikmah Isra’ Mi’raj, kita akan mendapatkan banyak pelajaran berharga untuk kehidupan sehari-hari, dan untuk menyambut bulan puasa Ramadhan mendatang, sekurang-kurangnya ada enam hikmah Isra’ Mi’raj.

Baca juga: Khutbah Jumat: Ragam Kemuliaan Bulan Rajab

Pertama, hikmah Isra’ Mi’raj menunjukkan kepada kita tentang ke-Maha Kuasaan Tuhan Pencipta Alam (‘ajâib qudratillâh). Peristiwa Isra’ Mi’raj, yakni perjalanan Nabi Muhammad S.a.w. dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Yerussalem Palestina, masjid pertama kali yang dibangun di dunia oleh Nabi Adam ‘alaihissalam, setelah Ka’bah, berselang 40 tahun, kemudian naik ke Sidratul Muntaha menghadap kepada Allah Yang Maha Kuasa, adalah peristiwa mu’jizat, hanya dapat terlaksana dengan izin dan kekuasaan Tuhan. Untuk menembus ke angkasa, harus dengan modal kekuasaan; dalam konteks modern, kekuasaan itu dapat dimaknai sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi (saintek). Maka, saintek sangat penting bagi kehidupan dalam kerangka ibadah untuk meraih ridha-Nya.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Kedua, hikmah Isra’, yakni perjalanan Nabi Muhammad S.a.w. dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang dikenal sebagai Baitil Maqdis atau Baitil Muqaddas, yaitu tempat yang disucikan dari peribadatan kepada selain Allah Ta’ala, karena di dalamnya tidak pernah disembah berhala pun, adalah untuk menunjukkan kemuliaan Nabi Muhammad S.a.w. atas seluruh nabi dan rasul, karena beliau menjadi imam di tempat mereka. Hal ini, karena orang yang mempunyai kewenangan untuk mengajukan imam salat di rumahnya adalah penguasa atau pemimpin, karena penguasa itulah yang mempunyai kompetensi absolut atau kewenangan mutlak untuk menunjuk imam atas selainnya.

Baca juga: Memaknai Dua Nikmat yang Sering Terlupakan, Sehat dan Waktu Luang

Ketiga, hikmah Isra’ Mi’raj adalah bahwa ibadah itu harus diawali dengan kesucian, yakni niat yang baik dan suci dari unsur-unsur atau aspek-aspek manipulatif (ghurûr). Ini diisyaratkan dengan kalimat ”Subhâna”, dalam QS. Al-Isrâ’ (17): 1, yang berarti tanzîh, Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya... Maksud tanzîh ini adalah menunjukkan kemurniaan dari segala kekurangan (al-tanzîh ‘an kulli naqshin), karena peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan mukjizat yang belum pernah dialami oleh selain Nabi Muhammad S.a.w. Selain itu, maksud dari kata ”Subhâna ” adalah ta’jub saja (al-ta‘ajjub faqad), terhadap kemahasucian Allah Ta’ala, di mana seorang mukmin sejati tidaklah najis atau menajiskan, yakni ia selalu berbuat yang suci, takjub kepada Kemaha Kekuasaan Tuhan dan Kesempurnaan-Nya yang telah memperjalankan Nabi S.a.w. dalam Isra’ Mi’raj, karena peristiwa ini di luar kebiasaan (al-khâriq li al-‘âdah).

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Dalam riwayat mengenai Isra’ Mi’raj ini, terdapat hikmah yang tersirat bahwa karena keagungan misi untuk menghadap Allah S.w.t. untuk menerima ibadah yang sangat penting, yaitu salat lima waktu, terlebih dahulu Nabi Muhammad S.a.w. dibelah dadanya untuk diisi dengan nilai-nilai kesucian. Ini menjadi tanda dan perlambang bahwa untuk misi kebaikan haruslah diawali dengan kebaikan, dan dengan sarana kebaikan, yang menggambarkan kesucian diri dari segala keburukan untuk menuju suatu kebaikan. Dalam kerangka ini, untuk menjadi pemimpin apapun harus diawali dengan niat baik, dalam rangka ibadah, yang dioperasionalisasikan dengan kesungguhan mengemban amanat bagi kemaslahatan bangsa, khususnya umat Islam sebagai mayoritas di negeri ini.

Kempat, hikmah Isra’ Mi’raj adalah bahwa untuk sampai dan dekat pada Zat Yang Maha Suci, Allah ‘Azza Wajalla, haruslah menjadi pribadi yang suci, atau yang baik lahir dan batinnya pula.

Kelima, hikmah Isra’ Mi’raj adalah menjadi ujian bagi kita untuk semakin meningkatkan keimanan kita kepada segala yang gaib; adanya alam akhirat, nikmat, azab, surga dan neraka. Keyakinan terhadap hal-hal gaib ini hanya dapat dicapai dengan keimanan, dan ilmu pengetahuan hanyalah bersifat memperteguh keimanan kita. Ibadah puasa Ramadhan yang akan kita laksanakan sangat syarat dengan nilai dan ajaran keimanan.

Keenam, hikmah Isra’ Mi’raj yang sangat penting bagi kita, adalah menyadarkan kepada kita mengenai khitabullâh, perintah Tuhan, yang secara langsung diterima Nabi S.a.w., berupa kewajiban salat lima waktu.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Begitu banyak kajian tentang salat menempati kedudukan yang sangat penting dalam Islam, dan tidak ada yang lebih pentingnya. Antara lain: 1) karena salat adalah ibadah pertama kali yang diwajibkan Tuhan kepada umat Islam melalui perintah-Nya kepada Rasulullah S.a.w. langsung pada malam Mi’raj, tanpa ada perantara pun. Awalnya diwajibkan sebanyak lima puluh kali, kemudian didiskon menjadi lima kali sehari semalam, meskipun begitu, nilai pahalanya sebanding dengan lima puluh kali salat (HR. Ahmad, al-Nasâ’î dan al-Tirmidzî). 2) Salat merupakan amal perbuatan seseorang yang pertama kali akan dihisab nanti. 3) Salat adalah wasiat terakhir Nabi S.a.w. kepada umatnya ketika beliau wafat. Dan 4) Salat adalah pegangan atau ajaran pokok yang paling terakhir akan lenyap dari agama Islam. Jika salat disia-siakan atau lenyap maka ketentuan agama Islam pun akan disia-siakan atau lenyap seluruhnya.

Baca juga: Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Lebih Utama dari Jihad

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Oleh karena pentingnya salat itulah, Allah S.w.t. memerintahkan agar kita menjaganya dengan sebaik-baiknya dalam setiap keadaan apapun: di rumah, di perjalanan, kondisi aman maupun tidak aman. Demikian juga karena pentingnya salat itu, kita diperintahkan untuk menjadikan salat di samping kesabaran sebagai perantara penolong kita dalam memenuhi urusan yang penting. Firman Allah S.w.t.:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ (٤٥)

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu,”(QS. al-Baqarah [2]: 45).

Kita juga diajarkan agar berdoa dengan doa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, yang tersebut dalam Al-Qur’an:

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ (٤٠)

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap mendirikan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”. (QS. Ibrahim [14]: 40).

Semoga kita, keluarga dan masyarakat kita semua, menjadi orang-orang yang semakin berkualitas keimanannya kepada Sang Khaliq dan alam akhirat, sehingga semakin meningkat kualitas salat dan amal-amal saleh kita, baik saleh individual maupun saleh sosial. Amin.

Demikianlah khutbah singkat ini, semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang senantiasa mengharap rahmat Allah SWT untuk mencapai kebahagian didunia dan akhirat. Amin...

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ هُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ

Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا أَمَّا بَعْدُ

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ

 

_____________________________________________
*Artikel ini disunting oleh Ustadz Syarifudin Cahyono
 Sekjend PCNU Jakarta Timur