Dua Malaikat Turun Tiap Pagi dan Sore, untuk Apa?

 
Dua Malaikat Turun Tiap Pagi dan Sore, untuk Apa?
Sumber Gambar: cakrawala rafflesia

LADUNI.ID, Jakarta - Tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua yang terjadi di dunia, tidak lepas dari sunnatullah yang selalu mengharuskan berjalan sesuai dengan keteraturannya. Bila tidak teratur, niscaya kehidupan akan tercerai dan mengalami turbulensi.

Begitu pula dalam pergantian siang dan malam, pagi dan sore, semua itu tidak lepas dari kehendak Sang Penguasa Kehidupan Allah Azza wa Jalla di mana di dalamnya ada hikmah. Hal ini sebagaimana diingatkan oleh KH. Husein Muhammad bahwa dua malaikan turun pada setiap pagi dan sore.

Untuk apa malaikat turun di setiap pagi dan sore? Dalam hal ini KH. Husein Muhammad menjelaskan bahwa salah satu tujuan Allah SWT mengutus dua malaikat turun ke bumi adalah untuk mendengar suara hati hamba-hamba Allah SWT di dunia. Simak tulisan beliau KH. Husein Muhammad berikut.

Untuk mengingatkan saja: Bila matahari pagi memancarkan sinarnya yang hangat, Tuhan mengutus dua Malaikat untuk mendengar suara hati hamba-hamba-Nya. Keduanya lalu membisikkan:

يا أيُّها النَّاسُ، هَلُمُّوا إلى ربِّكم؛ فإنَّ ما قَلَّ وكَفى، خيرٌ ممَّا كَثُرَ وألْهى،

 "Wahai nanusia. Ayo segera menemui Tuhanmu. Ingatlah. Sedikit tetapi mencukupi itu lebih baik daripada banyak tetapi melalaikan".

Dan bila matahari terbenam ke ufuk langit merah saga, Tuhan mengirim dua Malaikat untuk mendengar suara hati hamba-hamba-Nya, lalu mengatakan :

اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنفِقًا خَلَفًا، وأَعْطِ مُمسِكًا مالًا تَلَفًا.

"Semoga mereka yang memberi segera diganti, dan semoga yang kikir, hartanya segera habis".

Hadits lain menyebut:

عن أبي هريرةَ رضي اللَّهُ عنه أَن النبيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : « مَا مِنْ يوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ ملَكَانِ يَنْزلانِ ، فَيقولُ أَحدُهُما : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقاً خَلفاً ، ويَقولُ الآخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكاً تَلَفاً » متفقٌ عليه .

Dari Abu Hurairah. Nabi Saw, mengatakan: manakala hamba Allah bangun pagi, dua malaikat turun ke bumi seraya mengatakan: "semoga orang  yang memberi segera diganti, dan yang pelit segera habis hartanya".

***

Demikian hikmah turunnya dua malaikat ke bumi. Sebagaimana telah disebut di awal bahwa setiap kejadian pasti mengandung hikmah. Hemat kami, apa yang disampaikan oleh KH. Husein Muhammad dalam tulisan tersebut adalah untuk mengingatkan agar kita tidak berputus asa terhadap nikmat Allah SWT melalui doa-doa.

Kita sebagai umat manusia yang tidak akan pernah lepas dari masalah dan dosa, diharapkan selalu memohon dan melantunkan isi dan suara hati kita melalui doa kepada Allah SWT, baik di waktu pagi maupun sore hari. Permohonan, curahan hati, dan harapan kita akan dicatat oleh dua malaikat. Tidak perlu banyak, cukup sedikit, tetapi tidak melalaikan. Wallahu a’lam bisshawab.(*)

***

Sumber tulisan: KH. Husein Muhammad
Editor: Muhammad Mihrob