Doa Apa yang Diminta di Malam Nishfu Sya'ban?

 
Doa Apa yang Diminta di Malam Nishfu Sya'ban?
Sumber Gambar: Facebook Ustadz Ma'ruf Khozin

LADUNI.ID, Surabaya - Sudah lama saya tidak mengunjungi tempat dahulu saya belajar public speaking, di Koordinasi Masjid Surabaya Timur. Alhamdulillah pagi tadi bisa kumpul bareng teman lama dan ustaz wajah-wajah baru. Saya bangga karena mereka selalu mengasah ilmu dan kemampuan. Kalau ilmu Qiraah memperdalam kepada KH. Zulhilmi Ghazali, Ampel, Wakil Katib PWNU Jatim.

Saya tadi menyimak pemaparan dari Ust Habib tentang keutamaan malam Nishfu Sya'ban. Dilanjutkan dengan diskusi. Lalu ada yang bertanya mengapa ada permintaan khusus dalam doa di malam tersebut? Para ustaz pun mengarahkan kepada saya untuk menjawab.

Di malam Nishfu Sya'ban ada beberapa doa yang kita minta, biasanya adalah husnul khatimah, rezeki atau juga panjang umur. Mana sumber riwayatnya?

Di antaranya terdapat dalam beberapa sumber berikut:

ﻫﻞ ﺗﺪﺭﻳﻦ ﻣﺎ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ اﻟﻠﻴﻠﺔ؟» ﻗﺎﻟﺖ: ﻣﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ؟ ﻓﻘﺎﻝ: " ﻓﻴﻬﺎ ﺃﻥ ﻳﻜﺘﺐ ﻛﻞ ﻣﻮﻟﻮﺩ ﻣﻦ ﺑﻨﻲ ﺁﺩﻡ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ اﻟﺴﻨﺔ، ﻭﻓﻴﻬﺎ ﺃﻥ ﻳﻜﺘﺐ ﻛﻞ ﻫﺎﻟﻚ ﻣﻦ ﺑﻨﻲ ﺁﺩﻡ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ اﻟﺴﻨﺔ، ﻭﻓﻴﻬﺎ ﺗﺮﻓﻊ ﺃﻋﻤﺎﻟﻬﻢ، ﻭﻓﻴﻬﺎ ﺗﻨﺰﻝ ﺃﺭﺯاﻗﻬﻢ .. رواه البيهقي في فضائل الاوقات

Nabi bertanya: "Tahukah kau, Aisyah, ini malam apa?" Aisyah berkata: "Ada apa dengan malam ini, wahai Rasulullah?". Nabi bersabda: "Di Malam Nishfu Sya'ban ini semua anak yang lahir dicatat. Di malam ini juga dicatat setiap orang yang akan meninggal di tahun tersebut. Di malam tersebut amal mereka dilaporkan dan rezeki mereka diturunkan," (HR Baihaqi dalam Fadhail Auqat).

ﻋﻦ ﻋﻄﺎء ﺑﻦ ﻳﺴﺎﺭ ﻗﺎﻝ: «ﺗﻨﺴﺦ ﻓﻲ اﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ اﻵﺟﺎل، ﻭﻗﺪ ﻧﺴﺦ ﻣﻦ اﻷﺣﻴﺎء ﺇﻟﻰ اﻷﻣﻮاﺕ، ﻭﻳﺘﺰﻭﺝ ﻭﻗﺪ ﻧﺴﺦ ﻣﻦ اﻷﺣﻴﺎء ﺇﻟﻰ اﻷﻣﻮاﺕ»

Dari Atho' bin Yasar: "Kematian akan dihapus di malam Nisfu Sya'ban dan orang yang hidup dihapus ke daftar orang yang mati. Ia juga menikah dan dihapus ke daftar orang yang mati" (Mushannaf Abdirrazzaq).

Hadis dan Atsar di atas dinilai dhaif oleh para ulama. Namun boleh diamalkan karena termasuk dalam kategori mendorong beribadah atau Targhib.(*)

***

Penulis: Ustadz Makruf Khozin
Editor: Muhammad Mihrob


Aktifkan NSP Tausiyah Ustadz Makruf Khozin "Dzikir Solusi Musibah"
Ketik DSMUA Kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9.900/bulan