Khutbah Jumat: Bagaimana Memahami Keesaan dan Kekuasaan Allah SWT?

 
Khutbah Jumat: Bagaimana Memahami Keesaan dan Kekuasaan Allah SWT?

KHUTBAH PERTAMA :

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ مَنْ تَوَكَّلَ عَلَيْهِ بِصِدْقِ نِيَّةٍ كَفَاهُ وَمَنْ تَوَسَّلَ إِلَيْهِ بِاتِّبَاعِ شَرِيْعَتِهِ قَرَّبَهُ وَأَدْنَاهُ وَمَنِ اسْتَنْصَرَهُ عَلَى أَعْدَائِهِ وَحَسَدَتِهِ نَصَرَهُ وَتَوَلاَّهُ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ حَافَظَ دِيْنَهُ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ أَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ، خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ، اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Berangkat dari atas mimbar ini, khatib berwasiat kepada diri khatib pribadi dan kepada kita semua, untuk senantiasa berupaya senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dengan segenap keteguhan hati dan kemantapan jiwa, dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan dengan penuh ketabahan dan kesabaran.

وَإِلَـهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ -١٦٣-

Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Q.S. al-Baqarah, 2 : 163).

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah
Ayat di atas menegaskan, tentang keesaan Allah s.w.t., yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sebagian ahli tafsir menjelaskan, bahwa ayat ini turun berkenaan dengan pertanyaan dari kalangan orang-orang Quraish Makkah, tentang sifat-sifat Allah s.w.t. dan beberapa ketentuan lainnya. Ditegaskan bahwa Allah s.w.t. adalah Tuhan yang Maha Esa, Maha  Kuasa serta tidak ada Tuhan selain Dia, Dialah yang Maha Penghasih lagi Maha Penyayang. Allah s.w.t. tidak mungkin dapat dipersonifikasikan dengan kayu atau batu, dengan ukiran atau lukisan, bahkan tidak mungkin dapat digambarkan dalam alam fikiran manusia, Ia Maha Esa, Maha Kuasa dan Maha Mutlak.  Allah s.w.t. berbeda dengan semua makhluk-Nya. Semua makhluk memerlukan ruang dan waktu, sedangkan Allah s.w.t. terlepas dari hal itu semua, serta tidak ada sesuatupun yang menyerupai-Nya.

Baca juga: Khutbah Jumat: Ridho dan Ikhlas apakah Sama?

KemurnianTauhid pada Allah s.w.t. harus senantiasa dijaga, jangan sampai kemurnian itu bergeser dan ternoda, sehingga terjerembab dalam kemusyrikan, seperti yang dialami oleh kaum musyrik terdahulu, dengan menyembah berhala dan sembahan-sembahan lain yang tidak layak. Pergeseran Tauhid ini (keesaan Allah) terjadi juga di kalangan ahli – ahli kitab terdahulu, sebagian dari mereka mengkultuskan para rahib dan pemimpin agama, menjadikan Nabi dan Rasul sebagai putra Tuhan. Al-Qur’an memperingatkan hal ini dalam salah satu ayatnya.

اتَّخَذُواْ أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَاباً مِّن دُونِ اللّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُواْ إِلاَّ لِيَعْبُدُواْ إِلَـهاً وَاحِداً لاَّ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ -٣١-

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allahdan (juga mereka mempertuhankan) Al masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (Q.S. al-Taubah, 9 : 31)

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Allah s.w.t. Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang sangat luas rahmatnya, yang diberikan kepada semua makhluk-Nya. Kita tidak boleh minta pertolongan dan perlindungan yang hakiki kecuali kepada Allah s.w.t. Segala doa dan permohonan, serta perlindungan yang hakiki kepada selain Allah s.w.t. adalah tergolong syirik. Setelah dijelaskan tetang sifat-sifat Allah s.w.t. dengan jelas, para musyrik Quraish meminta lagi kepada Nabi s.a.w. tentang bukti-bukti mengenai keesaan Allah dan kekuasaannya, maka turunlah ayat:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنزَلَ اللّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِن مَّاء فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَآبَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخِّرِ بَيْنَ السَّمَاء وَالأَرْضِ لآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ -١٦٤-

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. al-Baqarah, 2 : 164).

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Allah s.w.t. yang menciptakan langit dan bumi dengan segala isinya dan segala peristiwanya yang menakjubkan, karena itu selayaknya bagi setiap orang yang ingin memperoleh petunjuk dan kebenaran senantiasa memperhatikan dan menghayati tanda-tanda kekuasaaan tersebut. Bumi sebagai salah satu planet dalam tata surya yang cocok bagi makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia, merupakan tempat dan ruang hidup yang memiliki kekayaan yang luar biasa, berupa air, tumbuh-tumbuhan, hewan, benda mati, logam, mineral, dan berbagai kekayaan lainnya yang tidak mungkin berkurang, apabila dikelola secara baik. Bumi dengan segala kekayaan alamnya pasti mencukupi semua kebutuhan makhluk hidup dari masa ke masa, meskioun makhluk itu berkembang secara terus menerus. Langit dengan segala tata suryanya memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan semua makhluk hidup, seperti sinar matahari, oxygen, udara dan sebagainya.

Baca juga: Khutbah Jumat: Corona Sebagai Sarana untuk Mengistirihatkan dari Urusan Dunia

Pergantian siang dan malam merupakan peristiwa yang menakjubkan yang memberikan faedah yang besar bagi kehidupan semua makhluk, dan dari peristiwa itu akan dapat dihasilkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan sains yang sangat bermanfaat bagi manusia,  seperti ditemukannya ilmu Astronomi, Fisika, Kimia dan berbagai cabang ilmu lain yang terus berkembang secara menakjubkan dari masa ke masa. Lautan yang sangat luas, luasnya mencapai tujuh puluh persen lebih dari luas daratan, memiliki manfaat yang sangat besar bagi semua makhluk. Sebagian dari manfaatnya, dijadikan sebagai sarana untuk pelayaran dengan daya angkut yang luar biasa, sarana perekonomian, dan kekayaannya yang tidak terbatas, seperti ikan dengan segala jenisnya, kerang, tumbuhan laut, barang-barang tambang dan mutiara-muatiara yang sangat berharga.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Allah s.w.t. menurunkan hujan dari langit, dengan air hujan itu dapat menyuburkan segala macam tumbuh-tumbuhan di muka bumi yang sangat bermanfaat bagi keseimbangan lingkungan dan bagi kepentingan semua makhluk. Dari air hujan juga  yang diserap oleh pohon-pohonan dan humus di dalam tanah akan menyimpan air bersih yang menjadi mata air yang tidak pernah kering. Pengendalian dan pengisaran angin dari suatu tempat ke tempat lain, dari satu pulau ke pulau lainnya sampai dari satu benua ke benua lainnya merupakan bukti kekuasaan Allah yang tidak ada bandingannya. Dari perkisaran itu mendatangkan manfaat yang luar biasa, seperti turunnya hujan, perpindahan awan mendung dari suatu daerah ke daerah lain, bermanfaat untuk perkawinan tumbuh-tumbuhan dan berbagai manfaat lain yang tidak mungkin dapat diungkapkan semua.

Baca juga: Khutbah Jumat: Antara Takdir dan Kebebasan

Memperhatikan kenyataan diatas, maka setiap diri manusia harus memikirkan peristiwa alam tersebut, dan menghayati segala macam peristiwa alam tersebut sehingga dapat memahami betapa Maha Agungnya Allah s.w.t., Maha Esa dan Maha Kuasa. Dengan cara ini maka setiap diri umat manusia akan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya.Adanya alam semesta dengan segala peristiwanya yang menakjubkan serta keteraturan dan keserasiannya yang sangat sempurna adalah menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah dan keesaan-Nya. Agar dapat menginsafi dan menghayati keagungan-Nya, maka setiap diri manusia harus menggunakan akal dan fikirannya dalam memahami tanda-tanda tersebut dalam alam semesta.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang senantiasa mengharap rahmat Allah SWT untuk mencapai kebahagian didunia dan akhirat. Amin...

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ والذِّكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

KHUTBAH KEDUA :

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

 أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

DO’A KHUTBAH :

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر

_____________________________
* Oleh; Dr. KH. Zakky Mubarak, MA