Khutbah Jumat: Memanfaatkan Kesempatan Pertama

 
Khutbah Jumat: Memanfaatkan Kesempatan Pertama
Sumber Gambar: Koleksi Laduni.ID

KHUTBAH PERTAMA :

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ مَنْ تَوَكَّلَ عَلَيْهِ بِصِدْقِ نِيَّةٍ كَفَاهُ وَمَنْ تَوَسَّلَ إِلَيْهِ بِاتِّبَاعِ شَرِيْعَتِهِ قَرَّبَهُ وَأَدْنَاهُ وَمَنِ اسْتَنْصَرَهُ عَلَى أَعْدَائِهِ وَحَسَدَتِهِ نَصَرَهُ وَتَوَلاَّهُ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ حَافَظَ دِيْنَهُ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ أَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ، خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ، اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah
Berangkat dari atas mimbar ini, khatib berwasiat kepada diri khatib pribadi dan kepada kita semua, untuk senantiasa berupaya senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dengan segenap keteguhan hati dan kemantapan jiwa, dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan dengan penuh ketabahan dan kesabaran.

Kaum Muslimin yang berbahagia,

Dalam mengarungi kehidupan sehari-hari, kita sering menangguhkan suatu pekerjaan atau kegiatan yang sebetulnya bisa diselesaikan secepatnya, padahal kita sering menyarankan orang lain dengan suatu perkataan yang sangat bagus :“Janganlah kamu tangguhkan pekerjaanmu sampai esok, selama kamu masih bisa menyelesaikannya hari ini”.

Baca juga: Khutbah Jumat: Menapaki Jalan yang Benar Menuju Surga

Kebiasaan menangguhkan suatu pekerjaan, merupakan prilaku yang buruk menurut ajaran agama, karena hal itu akan menyulitkan dan menjadikan manusia tidak produktif. Dalam suatu hadits Rasulullah Muhammad s.a.w. bersabda :

«بَادِرُوا الْأَعْمَالَ سَبْعًا، مَا تَنْتَظِرُونَ إِلَّا فَقْرًا مُنْسِيًا، أَوْ غِنًى مُطْغِيًا، أَوْ مَرَضًا مُفْسِدًا، أَوْ هَرَمًا مُقْعِدًا، أَوْ مَوْتًا مُجْهِزًا، أَوِ الْمَسِيحَ فَشَرُّ مُنْتَظَرٍ، أَوِ السَّاعَةَ، وَالسَّاعَةُ أَدْهَى وَأَمَرُّ»

“Bersegeralah kalian melakukan berbagai amalan sebelum datangnya tujuh perkara. Apakah kalian mesti menunggu kemiskinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang dapat merusak, usia tua yang melemahkan, kematian yang menyergap tiba-tiba; atau menunggu datangnya dajjal, padahal ia adalah seburuk-buruk makhluk gaib (belum datang) yang ditunggu; atau menunggu datangnya hari kiamat, padahal hari kiamat itu adalah sesuatu yang lebih dahsyat lagi dan lebih menakutkan!” (H.R. Tirmidzi, No: 2306)

Kaum Muslimin yang berbahagia,

Sabda Nabi di atas mengarahkan kita agar menyegerakan segala aktivitas dan kegiatan yang bisa dilakukan, tidak boleh melalaikan dan menangguhkannya. Kita harus memanfaatkan masa jaya, waktu memiliki kekayaan untuk segera berbuat kebaikan, beramal, berinfak dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Khutbah Jumat: Membumikan Sunnah Nabi Muhammad S.A.W.

Masa kejayaan tidak boleh berlalu begitu saja dengan sia-sia, sampai kemudian datang kemiskinan yang mengakibatkan tidak bisa berbuat apa-apa. Bisa juga kita terbelenggu dalam kekayaan yang menyombongkan. Maksudnya seseorang bisa bersikap angkuh dan congkak karena ia memiliki kekayaan yang berlimpah. Padahal dulunya dia adalah seorang yang baik dan rendah hati. Dalam hal ini kita harus berusaha, agar tidak menjadi orang kaya yang sombong, tetapi menjadi orang kaya yang penyantun.

Kaum Muslimin yang berbahagia,

Kita harus memanfaatkan kesempatan pada waktu sehat, sebelum datangnya penyakit yang merusak. Bila tidak melakukan hal itu, kita akan menyesal selama-lamanya. Bisa dibayangkan, apa yang bisa dilakukan seseorang pada saat ia telah jatuh sakit yang sangat payah dan menyulitkan. Penyesalan-penyesalan akan diderita orang seperti ini, karena ia mengabaikan masa sehatnya. Manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya sebelum datangnya penyakit tua yang membuat orang menjadi pikun. Ia tidak lagi mengenali dirinya, betapapun memiliki ilmu yang banyak, ia tidak lagi menyadarinya, sehingga kembali menjadi orang yang tidak mengetahui sesuatu, padahal dulunya mengetahui segala sesuatu.

Baca juga: Khutbah Jumat: Menaati Risalah Kenabian Sebagai Wujud Keimanan

Memanfaatkan hari-hari yang kita miliki untuk melakukan kebaikan dan karya-karya yang bermanfaat bagi sesamanya. Jangan menunggu kesulitan lain yang sangat memberatkan yang digambarkan dengan datangnya Dajjal sebagai alamat dari datangnya hari kiamat. Kita harus memanfaatkan segala potensi sebelum datangnya hari kiamat, baik kiamat shugra maupun kiamat kubra. Kiamat shugra adalah kiamat yang terjadi pada saat seseorang meninggal dunia. Disebut kiamat shugra karena orang yang sudah meninggal tidak bisa beramal lagi. Sedangkan kiamat kubra adalah saat kehancuran secara total seluruh alam semesta dengan segala isinya.

Kaum Muslimin yang berbahagia,

Abdullah bin Umar bin Khattab yang dikenal dengan sebutan Ibnu Umar, meriwayatkan bahwa beliau pernah dipanggil Rasulullah dan beliau memegang pundaknya sambil bersabda :

وعن ابن عمر – رضي الله عنهما- قال: أخذ رسول الله صلى الله عليه و سلم بمنكبي فقال: كن في الدنيا كأنك غريب، أو عابر سبيل وكان ابن عمر – رضي الله عنهما – يقول: إذا أمسيت فلا تنتظر الصباح، وإذا أصبحت فلا تنتظر المساء، وخذ من صحتك لمرضك، ومن حياتك لموتك. رواه البخاري

Dari Ibnu Umar radhiallohu ‘anhuma beliau berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah memegang kedua pundakku seraya bersabda, “Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau musafir.” Ibnu Umar berkata: “Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi dan jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati.” (HR. Bukhori)

Maksud dari istilah orang asing di dunia ini agar ia menyadari bahwa manusia itu tidak selamanya hidup di dunia. Di dunia ini ia sebagai musafir saja, dia pasti akan kembali ke tempat yang sebenarnya yaitu akhirat. Oleh karena itu kita harus menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya untuk menjalani kehidupan akhirat yang abadi, dengan meningkatkan iman dan amal shaleh. Digambarkan dalam hadis di atas bahwa manusia di dunia hanya sebagai orang yang lewat jalan, dia tidak akan selamanya dalam perjalanan tetapi pasti akan kembali ke rumah tinggalnya. Rumah tinggal yang sebenarnya adalah kehidupan akhirat, itulah “Rumah Masa Depan”.

Menanggapi wasiat Nabi tersebut, Ibnu Umar berpesan kepada sahabat yang lain :

”Apabila anda berada di waktu pagi, maka beramallah sebanyak-banyaknya, jangan menunggu waktu sore. Bila anda berada di waktu sore maka berbuatlah semaksimal mungkin yang bisa kamu kerjakan, jangan menunggu waktu pagi. Pergunakanlah kesempatan masa sehatmu untuk menghadapi masa sakitmu dan pergunakanlah masa hidupmu untuk mempersiapkan bekal bagi kematianmu”. (H.R. Bukhari, No: 6416).

Sebagai manusia muslim, tidak layak menangguhkan perbuatan yang baik dan taat kepada Allah, al-Qur’an yang mulia memperingatkan kita :

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَن تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ فَاسِقُونَ -١٦-

Artinya“Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan al-Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan diantara mereka adalah orang-orang yang fasiq”. (Q.S. al-Hadid, 57 : 16).

Kaum Muslimin yang berbahagia,

Dari uraian di atas kita dapat mengambil pelajaran dengan mudah, bahwa setiap orang muslim tidak diperkenankan untuk mengabaikan kesempatan yang baik. Oleh karena itu gunakanlah kesempatan-kesempatan yang ada, dan yang terbaik kita harus “memanfaatkan kesempatan yang pertama”.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Demikian khutbah yang singkat ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

 أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ  

KHUTBAH KEDUA:

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

DO'A KHUTBAH:

 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ  

_____________________________
Oleh: DR. KH. Zakky Mubarak, MA