Pesantren Al-Fatah Bandung Barat

 
Pesantren Al-Fatah Bandung Barat
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok Pesantren Al-Fatah didirikan oleh KH. Aceng Royani pada tanggal 26 Januari 1960 M. bertepatan dengan 27 Rajab 1379 H. di Desa Gununghalu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. KH. Aceng Royani adalah salah satu putra Mama KH. Muhammad Nawawi yang merupakan salah satu putra dari Pembawa Agama Islam Pertama di Wilayah Gununghalu dan sekitarnya, yakni: Alha. 

Pada awalnya, Pondok Pesantren Al-Fatah hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama islam dengan mempelajari dan mendalami secara khusus Kitab Kuning/Kitab Turots. Kitab Kuning merupakan kitab keislaman berbahasa Arab yang menjadi rujukan tradisi keilmuan Islam di pesantren. Seiring dengan perkembangan zaman dan untuk mengimbangi perkembangan zaman yang semakin maju dan kompleks, maka upaya mendidik dan mencerdaskan umat tidak cukup hanya mengandalkan pendidikan keagamaan semata. Selain menguasai ilmu agama Islam, generasi muslim juga perlu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi modern terkini yang akan menjadi wasilah dalam mencapai kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat.

Dengan demikian, mendirikan lembaga pendidikan formal adalah salah satu solusinya. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Fatah hingga saat ini membuka/menyelenggarakan lembaga pendidikan formal (sekolah/madrasah) dengan tetap mempertahankan ciri khas Pondok Pesantren sebagai lembaga tafaqquh fiddin dan tetap mempertahankan pembelajaran Kitab Kuning/Kitab Turots sebagai rujukan dasar untuk segala keilmuan agama islam. Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam Tertua di Indonesia.

Diakui ataupun tidak, pesantren telah mendokumentasikan berbagai peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia sejak zaman penjajahan, zaman kemerdekaan sampai zaman modern seperti sekarang ini. Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaa pemerintah terhadap Pesantren, kini Pesantren telah menjadi bagian dalam Sistem Pendidikan Nasional dan ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional dan disahkannya Undang-Undang Pesantren tahun 2019 oleh Presiden Republik Indonesia.

SEJARAH

Pondok Pesantren Al-Fatah didirikan oleh KH. Aceng Royani pada tanggal 26 Januari 1960 M. bertepatan dengan 27 Rajab 1379 H. di Desa Gununghalu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. KH. Aceng Royani adalah salah satu putra Mama KH. Muhammad Nawawi yang merupakan salah satu putra dari Pembawa Agama Islam Pertama di Wilayah Gununghalu dan sekitarnya, yakni: Alha.  

KH. Aceng Royani lahir di Gununghalu-Bandung pada tanggal 18 Pebruari 1927 dan wafat pada tanggal 29 Juni 2011 M (27 Rajab 1432 H.) bertepatan dengan tanggal/hari besar islam, yakni: Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. KH. Aceng Royani diabadikan namanya oleh masyarakat menjadi nama jalan, yakni Jalan KH. Aceng Royani, berdasarkan Keputusan Bupati Bandung Barat No. 188.45/Kep.-Bag Tapem/2018 di Jalan Bunijaya-Cilangari (Kabupaten Bandung Barat). Penamaan jalan tersebut merujuk pada tokoh-tokoh nasional maupun daerah yang ditetapkan dalam Keputusan Bupati Bandung Barat dan Peraturan Bupati Bandung Barat yang sebelumnya telah dibentuk tim teknis guna mengkaji pemberian nama jalan tersebut.

Jalan tersebut merupakan jalur jalan provinsi yang menghubungkan 3 (tiga) kabupaten, yakni: Kabupaten Cianjur (Sukanagara), Kabupaten Bandung Barat (Gununghalu) dan Kabupaten Bandung (Ciwideuy), yang sekarang sedang dibangun Terminal Gununghalu untuk menunjang trayek jalan yang menghubungkan 3 (tiga) kabupaten tersebut.

Pengasuh

  1. KH. Aceng Royani
  2.  KH. Cecep Burhanuddin

Baca juga : STAI Baitul Arqam Al-Islamy Bandung

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. MA 
  2. SMP
  3. SMA

Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah
  3. Pesantren
  4. RA
  5. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Kajian kitab kuning
  2. Tilawah Al Qur'an 
  3. Manakib
  4. Maulidan
  5. Istighotsah
  6. Kursus Bahasa Inggris, Bahasa Arab 
  7. Khot dan Kaligrafi Islam
  8. Tahfidzul Al-Qur'an
  9. Seni Hadrah
  10. Paduan Suara
  11. Marching Band
  12. PMR
  13. Pramuka
  14. Paskibra
  15. Komputer
  16. Olahraga: Sepakbola/Futsal, Basket, Voli, Bulutangkis, Pencak Silat

 


Hadrah di Pesantren Al Fatah 


Praktek Komputer di Pesantren Al Fatah 

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Ruang Kepala Madrasah
  2. Ruang Tata Usaha
  3. Ruang Guru
  4. Ruang Kelas
  5. Perpustakaan
  6. Ruang Bimbingan dan Konseling
  7. Laboratorium IPA Terpadu
  8. Laboratorium Komputer
  9. Lapangan Upacara
  10. Lapangan Olahraga
  11. Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN)
  12. Ruang OSIS
  13. Sanggar Pramuka
  14. Masjid
  15. Asrama Putra dan Putri
  16. Toilet
  17. Lahan Parkir
  18. Kantin



 Masjid di pesantren Al Fatah 


Gedung Sekolah di pesantren Al Fatah 

Baca juga :   STAI SABILI Bandung

ALAMAT

Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

Kode Pos       :   40565

Telepon          :  (022) 6950149   

                             


 


 
 
 


             

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.