Pesantren Al-Fatah Bandung Barat

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Al-Fatah Bandung Barat
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok Pesantren Al-Fatah didirikan oleh KH. Aceng Royani pada tanggal 26 Januari 1960 M. bertepatan dengan 27 Rajab 1379 H. di Desa Gununghalu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. KH. Aceng Royani adalah salah satu putra Mama KH. Muhammad Nawawi yang merupakan salah satu putra dari Pembawa Agama Islam Pertama di Wilayah Gununghalu dan sekitarnya, yakni: Alha. 

Pada awalnya, Pondok Pesantren Al-Fatah hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama islam dengan mempelajari dan mendalami secara khusus Kitab Kuning/Kitab Turots. Kitab Kuning merupakan kitab keislaman berbahasa Arab yang menjadi rujukan tradisi keilmuan Islam di pesantren. Seiring dengan perkembangan zaman dan untuk mengimbangi perkembangan zaman yang semakin maju dan kompleks, maka upaya mendidik dan mencerdaskan umat tidak cukup hanya mengandalkan pendidikan keagamaan semata. Selain menguasai ilmu agama Islam, generasi muslim juga perlu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi modern terkini yang akan menjadi wasilah dalam mencapai kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat.

Dengan demikian, mendirikan lembaga pendidikan formal adalah salah satu solusinya. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Fatah hingga saat ini membuka/menyelenggarakan lembaga pendidikan formal (sekolah/madrasah) dengan tetap mempertahankan ciri khas Pondok Pesantren sebagai lembaga tafaqquh fiddin dan tetap mempertahankan pembelajaran Kitab Kuning/Kitab Turots sebagai rujukan dasar untuk segala keilmuan agama islam. Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam Tertua di Indonesia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.