Bacaan Takbiran Lengkap Malam Idul Fitri Arab, Latin, dan Terjemahanya

 
Bacaan Takbiran Lengkap Malam Idul Fitri Arab, Latin, dan Terjemahanya
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Hanya tinggal menghitung jam seluruh umat muslim dunia akan meraih kemenangan, dengan berakhirnya bulan Ramadhan 1442 Hijriyah. Yang berarti umat Islam akan merayakan hari lebaran tahun 2021.

Untuk menghidupkan malam idul fitri masyarakat Indonesia biasa mengumandangkan takbiran dengan membaca kalimat asma asma Allah dan kalimat tauhid. Kegiatan takbiran dilakukan di Masjid maupun dengan keliling kampung.

Tradisi mengumandangkan takbiran dalam menyambut Hari Raya Idulfitri merupakan kegiatan sunah yang dianjurkan Rasulullah Saw. Karena dengan melantunkan takbir ketika menyambut Hari Raya Idul fitri membuat hati merasa tenang.

Di sisi lain, takbir terbagi dua macam, yakni takbir mursal dan takbir muqayyad. Takbir mursal adalah pembacaan takbir yang tidak terikat waktu sehingga dianjurkan sepanjang malam. Seperti takbir di malam Idulfitri dan Iduladha.

Takbir mursal merupakan pembacaan takbir yang tidak terikat waktu sehingga dianjurkan sepanjang malam. Seperti takbir di malam Idul Fitri dan Idul Adha.

Sementara takbir muqayyad adalah pembacaan takbirnya terbatas pada waktu, seperti pembacaan takbir setiap selesai sholat lima waktu selama hari raya Idul Adha dan hari tasyrik, 11, 12, dan 13 Zulhijjah.

Berikut ini bacaan takbiran

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN