Warga Palestina Turun ke Jalan Rayakan Gencatan Senjata

 
Warga Palestina Turun ke Jalan Rayakan Gencatan Senjata
Sumber Gambar: foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Gencatan senjata yang tercapai antara Hamas dan Israel setelah terjadi pertempuran berdarah selama 11 hari terakhir disambut baik oleh warga Palestina di Gaza. Mereka melakukan perayaan dengan turun ke jalanan sesaat usai gencatan senjata diberlakukan pada Jumat 21 Mei 2021 dini hari.

Baca Juga: NU Dukung Palestina Sejak Zaman Belanda dalam Bentuk Moral dan Dana

"Allahu Akbar dan Alhamdulillah," teriak warga Gaza mengumandangkan takbir yang merayakan gencatan senjata, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (21/5/2021).

Mobil-mobil memenuhi jalanan utama Gaza, dengan para pengemudi membunyikan klakson bersahutan dan melambaikan bendera dari jendela mobil.

Hamas, kelompok militan yang menguasai Gaza, menyebut pertempuran selama lebih dari sepekan terakhir itu sebagai perlawanan sukses atas musuh yang lebih kuat secara militer dan ekonomi.

Baca Juga: Dukungan NU pada Perjuangan Kemerdekaan Palestina

Gencatan senjata yang dimediasi Mesir antara Israel dan Hamas dimulai pada hari Jumat, tetapi Hamas memperingatkan pihaknya masih memiliki "tangan di pelatuk" dan menuntut Israel mengakhiri kekerasan di Yerusalem dan mengatasi kerusakan di Jalur Gaza setelah pertempuran terburuk dalam beberapa tahun.(*)