Kiai Wahid Hasyim Imami Shalat Ied, Makmumnya Bung Karno dan Bung Hatta serta semua pejabat Negeri i

 
Kiai Wahid Hasyim Imami Shalat Ied, Makmumnya Bung Karno dan Bung Hatta serta semua pejabat Negeri i
Sumber Gambar: foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Menteri Agama, KH. A. Wahid Hasyim (ayahanda Gus Dur), sedang memimpin shalat Idul Fitri 1 Syawal 1369 H/17 Juli 1950 di Lapangan Banteng, Jakarta. Tampak di belakangnya Moh. Natsir, Presiden Soekarno, Wakil Presiden Moh. Hatta serta pejabat Negeri kala itu.

Baca Juga: Mencari Inspirasi Ala Kiai Abdul Wahid Hasyim

Beliau menjadi Menteri Agama di usia yang sangat muda, yakni 31 tahun. Di usianya yang masih muda, beberapa jabatan pernah beliau sandang, diantaranya menjadi anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). K.H. A. Wahid Hasyim merupakan salah satu anggota termuda dari 62 orang yang ada. Waktu itu, K.H. A. Wahid Hasyim masih berusia 31 tahun.

Baca Juga: Biografi KH. Wahid Hasyim

Dalam kabinet pertama yang dibentuk Presiden Soekarno pada September 1945, Wahid Hasyim ditunjuk menjadi Menteri Negara. Empat tahun kemudian, pada tanggal 20 Desember 1949, Wahid Hasyim diangkat kembali menjadi Menteri Agama dalam Kabinet Hatta. Kemudian, pada periode Kabinet Natsir dan Kabinet Sukiman, Wahid Hasyim tetap memegang jabatan Menteri Agama.(*)