Tempat Semua Keinginan Dapat Terwujud

 
Tempat Semua Keinginan Dapat Terwujud
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Surga itu tempat semua impian terwujud. Manusia itu maunya beda-beda, tapi semua bisa terpuaskan di surga. Lalu bagaimana surga sebenarnya? Tak jelas, sebab sebenarnya surga itu:

مَا لاَ عَيْنٌ رَأَتْ، وَلاَ أُذُنٌ سَمِعَتْ، وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ

“Apa yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga, tak pernah terbesit dalam hati seorang manusia pun.” (Hadis Bukhari - Muslim)

Tapi apa menariknya kalau imbalannya tak jelas? kata "pokoknya istimewa" tak cukup untuk membuat orang tertarik. Sebab itu, ada gambaran yang "lebih nyata" untuk melukiskan enaknya hidup di surga meskipun ini hanya gambaran saja. Istilah dan nama yang sama bukan berarti wujudnya sama dengan yang kita kenal di dunia.

Bagi yang orientasinya adalah harta, surga adalah tempat mendapat kekayaan luar biasa, bahan materialnya digambarkan dalam hadis riwayat Ahmad bahwa satu bata dari emas dan satu bata dari perak. Perekat antara kedua bata itu adalah minyak misk yang amat wangi semerbak. Batu-batunya berupa intan dan yakut, sedangkan tanahnya zakfaran.

Bagi yang orientasinya adalah makanan, maka disebutkan bahwa sungainya dari susu, semua jenis buah dan makanan ada dan tak habis-habis, tak perlu buang kotoran lagi.

Bagi yang orientasinya jadi tuan tanah, maka disebut bahwa di dalamnya banyak kebun-kebun luas dan subur yang di bawahnya mengalir sumber mata air.

Bagi yang orientasinya adalah traveling, disebut bahwa di dalamnya ada Buraq yang sekali langkahnya sejauh mata memandang.

Bagi yang orientasinya adalah nongkrong bareng teman, disebutkan bahwa di surga, orang pada nongkrong di atas dipan bertahtakan emas permata dengan dilayani wildanun mukhalladun, para pemuda kekal, yang membawa jamuan minuman lezat luar biasa.

Bagi yang orientasinya adalah keluarga, maka disebutkan bahwa di sana seseorang bisa dikumpulkan dengan pasangan, leluhur dan keturunannya, tentu bila mereka juga masuk kualifikasi penduduk surga. Soal amalan tak sepadan, bisa lah disetarakan supaya bisa ngumpul.

Bagi yang obsesinya adalah Nabi, di sana bisa hidup bertetangga dengan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan nabi lainnya. Tentu fasilitasnya VVIP.

Bagi yang obsesinya adalah Allah, maka ada fasilitas paling bona-fide, kenikmatan tertinggi dan anugerah teragung berupa melihat Allah.

Nah lalu, kalau akhir-akhir ini ada yang bilang di surga tempat pesta seks dengan Bidadari, kira-kira orientasinya apa? Hehehe.... gak sepenuhnya salah juga sih meski kurang pantas bila diungkapkan dengan ungkapan seperti itu. Intinya, surga adalah tempat di mana semua keinginan bisa terwujud hingga ke level yang tak terbayangkan.

وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنْفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ

Artinya: “Di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.” (QS. Fussilat: 31)

Semoga saya dan anda yang baca bisa masuk surga. Amin.

 

Repost: 19 Juli 2017

Oleh: Abdul Wahab Ahmad